Puskesmas Gambok, giatkan senam lansia setiap hari hari Sabtu pagi. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Puskesmas Gambok, giatkan senam lansia setiap hari hari Sabtu pagi.

Sabtu, November 26, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Di Puskesmas Gambok, setiap hari Sabtu selalu mengadakan senam, terutama diikuti oleh   staf Puskesmas, para lansia dan  masyarakat umum lingkungan Puskesmas Gambok.


Zulhartitusril, yang dikenal dengan Titus mantan Staf PDAM dan mantan  Kepala Jorong Batang Sarah Indah Nagari Muaro ketika ditemui media, usai senam tersebut, Sabtu (26/11) mengatakan, kami merasa bahagia dan segar usai melakukan kegiatan senam yang menjadi program Germas ini.


"Saya bukan ketua komunitas lansia ini, melainkan hanya lebih dari seorang penyemangat dari mereka, bila saya hadir adalah motivasi dan semangat lansia dalam bersenam ini," ucap Titus peraih juara  pertama Duta Lansia  hari Kesehatan Kabupaten Sijunjung kemarin.


Menurut, Putin Sukardi (54) yang selama ini menjadi anggota Bhayangkari di  Polres Sijunjung, salah seorang peserta senam germas itu, menuturkan, badan kita  terasa segar,  ringan, bugar dan semangat.


"Kini bapak Sukardi telah pensiun dari Polres Sijunjung, kemungkinan besar dalam waktu dekat ini, kami akan pindah ke Yogyakarta kampung Sukardi," bebernya.


"Pada hal saya  telah pasang cincin 4 buah,  akibat penyumbatan pembuluh darah ke Jantung beberapa tahun lalu, menceritakan manfaat dari senam setiap hari Sabtu ini," lanjut Putin Sukardi.


Pelatih senam ini,  Lia guru olahraga SDN 3 Ma.Bodi kepada media  ini juga mengatakan, memang senam ini sangat bermanfaat bagi kesehatan orang lansia atau orang yang punya penyakit khusus lainnya.


Kapala Puskesmas Gambok Ns.Araafi Dian, S.Kep, membenarkan adanya kegiatan rutin  senam setiap hari Sabtu di Puskesmas Gambok, merupakan kegiatan program Prolanis yang merupakan bagian dari kegiatan Germas.


Senam ini, merupakan program pengelolaan Penyakit kronis (Prolanis)  bagi yang menderita penyakit-penyakit Hipertensi, DM, dan lainnya.


Sesudah senam itu ada kegiatan makan buah, pemeriksaan kesehatan, dan sekali sebulan ada penyuluh atau edukasi kesehatan secara umum.


"Bila terjadi hujan atau gerimis agak deras pada pagi Sabtu,  kegiatan senam ini tetap kita laksanakan, kegiatannya dipindahkan ke ruang pertemuan lantai dua Puskesmas ini," ungkap Araafi. 



#GP | Herman 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS