Camat Kupitan Zainuddin,SE : Program PKTD Jagung Pakan Ternak Pamuatan Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Camat Kupitan Zainuddin,SE : Program PKTD Jagung Pakan Ternak Pamuatan Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat.

Kamis, November 10, 2022

 


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Tanaman  Jagung pakan ternak yang dibiayai melalui Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) tahun anggaran  2022 di Nagari Pamuatan, Kecamatan Kupitan, telah dipanen secara resmi  oleh Pemerintah Kecamatan Kupitan dan Pemerintah Nagari Pamuatan, Kamis (10/11) pukul 9.00 wib tadi.

Wali Nagari Pamuatan Rosman Nanin, mengatakan, panen raya jagung pakan ternak itu dihadiri Camat Kupitan Zainuddin,SE.,dan unsur Forkopimcam dan beberapa orang Kasi Kecamatan,  Kepala BPP Kupitan Yapril,  Pendamping Desa,  Cecep Setyadi, Kharatul Faiza  dan Fifi' serta Ketua BPN Pamuatan Delmisweri, B.Ac 


"Sebelum melaksanakan panen raya diawali dengan sarapan pagi bersama di kantor Wali Nagari Pamuatan," ujar Rosman Nanin. 


Camat Kupitan Zainuddin,SE terkait dengan program PKTD tersebut, mengatakan, bahwa program PKTD Nagari Pamuatan,  melalui tanaman jagung  pakan ternak ini, sangat membantu bagi masyarakat/kelompok tani Pasca Pandemi Covid-19, selain  sejalan dengan program pemerintah pusat, program ini juga  dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan ekonomi nasional. 


Dikatakan Zainuddin, dengan adanya panen raya jagung ini menambah motivasi dan kepercayaan masyarakat kelompok tani untuk  bisa mendorong masyarakat lainnya  melanjutkannya secara mandiri oleh masyarakat itu sendiri baik secara pribadi maupun secara berkelompok, seperti kelompok taninya.


"Kegiatan ini berdampak signifikan kepada pola pikir dan pola tanam dalam kegiatan menanam jagung  pakan ternak ini dan juga bisa menambah penghasilan petani sekaligus dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada yang  membutuhkan," jelas Zainuddin. 


Menurut  Rosman Nanin, penerima manfaat PKTD tahun 2022 yang bertanam jagung pakan ternak itu adalah 4 Kepala Keluarga (KK) atas nama, Rubinem, Hendra Wandi, Jefri miranda dan  Fauzi. 

Dijelaskannya, kegiatan PKTD ini dianggarkan dari Dana Desa tahun 2022 sebesar Rp 29.000.000,- untuk satu hektar lahan bagi 4 KK tersebut diatas. 


"Alhamdulillah, menurut keterangan Penyuluh Pertanian setempat, hasil panen jagung saat ini mencapai 7 ton jagung perhektarnya," aku Rosman Nanin.



#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS