SMA Negeri 2 Sijunjung Laksanakan Lomba Debat Berbahasa Minang Dalam Perayaan Hari Jadi Provinsi Sumbar ke 77 - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

SMA Negeri 2 Sijunjung Laksanakan Lomba Debat Berbahasa Minang Dalam Perayaan Hari Jadi Provinsi Sumbar ke 77

Sabtu, Oktober 01, 2022


Sijunjung (SUMBAR). GP - SMAN 2 Sijunjung, laksanakan lomba debat berbahasa Minang antar kelas tentang sumbang duo baleh (dua belas - Red) di Hall terbuka sekolah itu, Sabtu (1/10).


Hal itu diungkapkan Kepala SMAN 2 Sijunjung Dra.Darneti, M.Si melalui Ketua pelaksana perayaan hari jadi Provinsi Sumbar ke 77  lingkungan SMAN 2 Sijunjung Widya Candra, S.Pd saat menyaksikan lomba debat tersebut, Sabtu.


Dikatakan Wid (49) panggilan akrab ketua pelaksana itu, lomba debat  ini diikuti 22 grup atau 22 kelas yang ada dengan mengambil tema tiga sumbang dari 12 sumbang dalam Pituah Minangkabau yakni sumbang kato, sumbang kurena dan sumbang bagauo (Salah berkata, salah bersikap  dan salah bergaul - Red)


Setelah selesai debat  nanti, juara 1, 2 dan 3 akan diberi hadiah uang tunai sebesar Rp 300.000,-, Rp 225.000,- dan 150.000,-. Khusus juara 1 wali kelasnya akan diberi penghargaan berupa sehelai mukenah yang nilainya sebesar Rp 150.000,-" aku guru alumni Universitas Bung Hatta ini.


Guru mata pelajaran bahasa Indonesia ini, Buk Wid  dengan penuh  semangat memaparkan " debat kali ini menggunakan bahasa Minangkabau bukan bahasa Indonesia. Jadi, terdengar lucu dan kocak. Sebab mereka punya dialek yang berbeda-beda sesuai dengan nagari asal"


"Selain  merayakan hari jadi Provinsi Sumatera Barat ke-77 tahun 2022  kegiatan ini juga bertujuan menanamkan nilai-nilai akhlak mulia berdasarkan tata krama adat Minangkabau", ungkapnya.


Dijelaskannya, untuk memeriahkan hari jadi Provinsi Sumbar ke 77 tahun ini, SMAN 2 Sijunjung, selain melakukan kegiatan lomba debat berbahasa Minang antar kelas juga mengadakan tiga  kegiatan lainnya, pertama penampilan grup randai anak SMAN 2 Sijunjung, kedua "marandang" (membuat rendang daging- Red)  oleh guru, pegawai TU, OSIS dan  Kepala sekolah pada hari kemarin  dan ketiga makan bersama  hari ini.


Menurut Kepala SMA Negeri 2 Sijunjung, Dra Harneti, M.Si yang ayahnya dahulu  juga seorang kepala sekolah SMPN di Tanjung Gadang ( Almarhum Ramuna- Red)  berharap dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti  ini akan mempererat hubungan silaturahmi antar warga sekolah serta  dapat meningkatkan akhlakul karimah peserta didik.



# GP | Herman | Bur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS