Padang Panjang Raih Dua Penghargaan Proklim Kementerian LHK - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Padang Panjang Raih Dua Penghargaan Proklim Kementerian LHK

Sabtu, Oktober 29, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Sebagai bentuk apresiasi atas komitmen Pemerintah Kota Padang Panjang terhadap pemeliharaan lingkungan khususnya pada Program Kampung Iklim (Proklim), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) memberikan dua piagam penghargaan.


Kedua penghargaan itu yakni Piagam Pembinaan Proklim kepada Pemerintah Kota Padang Panjang tingkat kabupaten/kota di Indonesia, dan Sertifikat Proklim Utama untuk satu kelurahan yaitu Kelurahan SIlaing Bawah meliputi RT 1, 9, 13 dan 18, Kecamatan Padang Panjang Barat.


Wakil Wali Kota, Drs. Asrul saat menerima penghargaan tersebut dari Menteri LHK, Prof. Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (28/10/2022) mengaku sangat bersyukur. Menurutnya Pemko selalu berkomitmen terhadap pemeliharaan lingkungan khususnya Proklim.


“Alhamdulillah kita bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah bekerja sama untuk mewujudkan pemeliharaan lingkungan di Kota Padang Panjang,” ungkap Asrul, Sabtu (29/10/2022).


Tak hanya itu, ia juga berterima kasih kepada masyarakat khususnya di Silaing Bawah yang menerima Sertifikat Proklim Utama ini. Pasalnya berkat usaha, kebersamaan dan kerja keras masyarakat setempat, mampu mengharumkan nama Padang Panjang di tingkat nasional.


“Semoga ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang. Serta ke depan akan lebih banyak lagi kelurahan yang mendapatkan sertifikat Proklim dari Kemen LHK ini,” harap Asrul.


Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH), Alvi Sena, M.T mengatakan, Proklim ini merupakan sebuah pengakuan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah maupun kepada masyarakat karena telah melakukan adaptasi dan mitigasi lingkungan hidup.


“Kategori Proklim ini merupakan upaya yang dilakukan oleh masyarakat secara mandiri untuk melakukan adaptasi dan mitigasi terhadap lingkungan hidup. Alhamdulillah selain masyarakat, Pemko juga meraih penghargaan sebagai pembina Proklim dari Kemen LHK ini,” jelasnya.


Ditambahkan, adaptasi dan mitigasi lingkungan hidup yang dimaksud seperti penanganan masalah air, yaitu membuat pengairan di sawah, menanam pohon, kemudian memanfaatkan untuk kehidupan masyarakat di sekitarnya. 


#GP | DF | Rifki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS