Nanik Dari Dit PPK Kemendikbudristek RI Menilai Pementasan Hasil Karya GSMS Kabupaten Sijunjung sangat bagus sekali. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Nanik Dari Dit PPK Kemendikbudristek RI Menilai Pementasan Hasil Karya GSMS Kabupaten Sijunjung sangat bagus sekali.

Rabu, Oktober 19, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Pejabat dari  Direktorat  Pengembangan Pemanfaatan Kebudayaan (PPK) Kemendikbudristek RI Nanik, menilai pementasan hasil karya Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) di Kabupaten Sijunjung, baik kemasan maupun materinya sangat bagus sekali.


Hal tersebut diungkapkan Nanik kepada media saat menyaksikan penampilan hasil karya GSMS SD dan SMP Kabupaten Sijunjung, didepan Gor Sibenuang Muaro, Selasa (18/10).


"Secara umum sangat bagus.  Kelihatan anak anak antusias dan cakap dalam membawakan perannya masing-masing, namun sangat disayangkan anak anak tampilnya dialam terbuka, kasihan kita karena dibawah panas terik," ungkap Nanik Sub Koordinasi Seniman Masuk Sekolah ini.


Dari pantauan media di lokasi pementasan, kelihatan penonton berjubel menyaksikan penampilan hasil karya program GSMS Kabupaten Sijunjung tahun 2022 ini,  baik seni musik, seni tari dan juga seni teater, yang juga disaksikan  orang tua murid, Bupati, Wakil Bupati, Ketua TP PKK Ny.Riri Benny, Ketua GOW Donna Iradatillah,  Pejabat Kemendikbudristek RI, Nanik  dan Kepala BPNB Sumbar (Wilayah kerja Sumbar, Bengkulu dan Sumatera Selatan) Undri, SS.M.Si.


Kepada Media Undri juga menuturkan, seniman masuk sekolah adalah sebagai "Gerakan". Jadi bagaimana Seniman itu bisa masuk sekolah, dia mengajarkan dan menginplementasikan nilai nilai seni dan budaya  kepada siswa dan siswi di sekolah.


"Ini adalah langkah yang sangat baik sekali,  harapannya seniman seniman itu bisa menjadi panduan seni budaya, mengajarkannya, sehingga bisa dikembangkan dan dipertahan oleh sekolah," jelas Undri.


Setiap usai penampilan satu tim dari sekolah tertentu, diberikan apresiasi oleh penonton dengan tepuk tangan yang meriah sekaligus presenter mohon izin kepada Bupati dan Wakil Bupati serta pejabat lainnya berpoto bersama dengan Tim seniman, Kepala dan guru serta anak didik tersebut sebagai kenangan indah bagi mereka.



Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, SP.M.MA ada  beberapa hal yang dicapai dalam program GSMS ini adalah penumbuhan minat dan bakat anak didik  pada karya seni. 


"Dengan mencintai seni akan tumbuh semangat kerjasama dan sinergi dengan seniman.  Karena pada GSMS ini siswa langsung mendapatkan bimbingan dari seniman. Tahap selanjutnya  akan terbentuk karakter dan sikap kreatif, inovatif dan apresiatif pada bidang seni," ungkap mantan Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Sijunjung ini.


Menurut Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Leni Delvia, SE didampingi stafnya Tasrial menuturkan, tim GSMS yang tampil di depan GOR Sibenuang Muaro saat ini adalah  11 sekolah tingkat SMP dan SD di Kabupaten Sijunjung  yang masuk dalam program GSMS tahun 2022 ini yakni   SMPN 10 Sijunjung, Seniman Muhammad AlFahrus, S.Pd dengan Asisten Seniman Kemri Firdana, S.Pd bidangnya Seni musik, SMPN 16 Sijunjung, Seniman Agus Putra Dika, S.Sn dengan Asisten Seniman Melly Yasvariani, S.Sn bidang seni musik.


SDN 6 Padang Sibusuk, Seniman Haris Yanto, S.Sn dengan Asisten Seniman Amelia Rahmadani, S.Pd bidang seni teater, SDN 13 Limo Koto Seniman Abd.Rahman Hasan, S.Pd dengan Asisten Seniman Gusti Nurfadillah, S.Sn dan SDN 18 Kumanis, Seniman Regia Amelia Putri, S.Pd dengan Asisten Seniman Jetrizal bidang seni tari.


Berikutnya SDN 31 Muaro, Seniman Lili Gusrianti Putri, S.Pd dengan asisten seniman Riki Andriadi, SH bidang seni tari, SDN 33 Kandang Baru, Seniman Ichsan Nasrul, S.Sn dengan Asisten Seniman Yola Oksandra, S.Pd dan SDN 4 Mundam Sakti, Seniman Edo Novriadi, S.Pd asisten seniman Edri Fawziah, S.Pd bidang seni tari.


SDN 12 Rumbai, Seniman Zulkani Alfian, S.Sn dengan asisten seniman Tuti Dendrianti, A.Md bidang seni teater, SDN 9 Tanjung Gadang, seniman Izlatul Maulida, S.Pd dengan asisten seniman Rafika Rahmadani Marfy, S.Pd bidang seni tari dan SDN 9 Kunangan Parik Rantang, Seniman Andra Pebtaliyus, S.Sn dengan asisten seniman Eka Hendrawati, SE bidang seni musik. 


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS