Jemaah Masjid Baiturrahman Bukit Gombak Ramainya di Tiga Musim - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Jemaah Masjid Baiturrahman Bukit Gombak Ramainya di Tiga Musim

Sabtu, Oktober 08, 2022



Sijunjung (SUMBAR).GP - Mantan kepala Jorong Bukit Gombak, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII,  Ridwan, T mengatakan "mesjid Baiturrahman Bukit Gombak ini ramainya hanya pada tiga musim".


Hal itu disampaikan oleh Ridwan di rumahnya kepada wartawan media goparlement dalam suatu wawancara, Sabtu, (8/10)


Lebih lanjut Wan, panggilan akrabnya  menjelaskan, "Tiga musim itu  adalah pada musim  hari Jumat, musim  hari raya idul Fitri dan musim hari raya idul Adha, sedangkan ada hari-hari lainnya sangat lengang.


"Menurut saya, kata Wan ada 3 faktor yang menyebabkan mesjid ini sepi dari jemaahnya dalam waktu sholat lima waktu. Pertama faktor lokasi yang tidak strategis, 

letak masjid  jauh dari rumah penduduk. Kedua pemahaman umat yang masih kurang terhadap banyaknya faedah sholat berjamaah. Ketiga adalah pemahaman yang keliru bahwa sholat berjemaah itu hanya untuk kaum yang maju saja. Tidak untuk kaum lama", demikian Wan menjelaskan. 


"Mesjid ini tidak diketahui dengan pasti kapan dibangun. Hanya saja saya ingat waktu dirombak  dari bangunan kayu menjadi bangunan beton, waktu itu saya kelas 3 SD. Ketika itu perang PRRI sedang berkecamuk", tambah Wan.


"Sholat 5 waktu berjemaah di mesjid Baiturrahman ini sudah dimulai sejak 4 tahun yang lalu. Jemaahnya baru berjumlah sekitar 10 orang saja.  Kita berharap ke depannya jemaah semakin meningkat jumlahnya", kata Wan mengakhiri keterangannya. 


# GP | Herman  | Bur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS