DSPPKBPPPA dan Empat Puskesmas Laporkan Upaya Penurunan Stunting ke Wawako Asrul - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

DSPPKBPPPA dan Empat Puskesmas Laporkan Upaya Penurunan Stunting ke Wawako Asrul

Kamis, Oktober 20, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA) dan empat Puskesmas di Padang Panjang melaporkan perkembangan upaya penanganan stunting kepada Wakil Wali Kota, Drs. Asrul, Kamis (20/10/2022).


Bertempat di ruang kerja wawako, pihak puskesmas menyampaikan tindak lanjut yang sudah dilakukan masing-masing puskesmas dalam upaya penanganan penurunan stunting di Kota Padang Panjang.


kemajuan ini, Wawako Asrul yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) menyampaikan, upaya penurunan angka stunting ini harus dilakukan secara bergotong royong. Tidak hanya dari DSPPKBPPPA saja, namun semua pihak.


"Kita harus melakukan ini secara bergotong royong. Dari 164 anak balita yang ditengarai stunting, kita harus memilah-milah apa penyebabnya. Apakah gizi, sanitasi, air bersih, lingkungan atau penyakit kronis," ujarnya.


Dikatakan dari berbagai program yang sudah dilakukan dan akan dilakukan, salah satunya Basunting (bapak dan ibu asuh anak stunting), ini menjadi fokus utama dalam penanganan stunting. Di mana setiap puskesmas harus melakukan upaya dalam menindak lanjuti ini.


"Kami mengimbau kepada semua pihak, baik itu camat, lurah maupun RT harus berkolaborasi dalam pendataan kembali anak-anak stunting di masing-masing kelurahan. Manfaatkan Pos Gizi yang ada di kelurahan dalam memberikan asupan makanan yang bergizi untuk anak-anak," tuturnya.


Diinformasikan pihak terkait, masing-masing puskesmas ada yang melakukan beberapa tindakan, seperti memberikan penyuluhan kepada orang tua dan calon orang tua, melihat dan memberikan sosialisasi bagaimana pola asuh dari ibu, dan memberikan asupan makanan kepada anak-anak.


Namun ada beberapa kendala yang dihadapi, seperti ada beberapa anak yang sudah terdata di Kota Padang Panjang, sementara saat melakukan pemeriksaan anak tidak ditemui.


Karena itu perlu dilakukan tindakan untuk mengintervensi permasalahan terhadap stunting ini.


Ikut hadir Asisten Bidang Pemerintahan dan Pembangunan, Syahdanur, SH, M.Si, Kepala Dinas Bappeda, Rusdianto, S.IP, MM, Kepala DSPPKBPPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si, Sekretaris Dinkes, Marlina Permata Sari, SKM serta kepala Puskesmas se-Padang Panjang dan lainnya. 


#GP | DF | Shintia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS