Padang Panjang Ikuti Seminar Nasional JKPI di Sawah Lunto - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Padang Panjang Ikuti Seminar Nasional JKPI di Sawah Lunto

Minggu, September 18, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Delapan Kota di Indonesia yang tergabung dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), baru saja melaksanakan pertemuan dan seminar nasional di Kota Sawah Lunto, Sabtu (17/09/2022). Pemko Padang Panjang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Zulkifli, SH


Zulkifli, saat dikonfirmasi, Ahad (18/09/2022), menyampaikan, seminar ini sangat bermanfaat dan menginspirasi. "Kita diundang, meskipun Padang Panjang bukan bagian dari delapan kota yang tergabung di JKPI. Ternyata banyak hal yang bisa kita ambil catatan dalam mengembangkan potensi sebuah kota," katanya.


Zulkifli sependapat bahwa kota yang memiliki karakter memberikan manfaat atau dampak ekonomi. Namun pengembangannya butuh waktu karena ada tahapan atau proses yang harus dijalani. 


"Menumbuhkan dan mengembangkan karakter ini butuh kesabaran. Padang Panjang dikenal sebagai Kota Pendidikan Islam. Kita juga punya Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM). Artinya ada potensi yang bisa dikemas secara baik, menjadi sebuah karakter atau brand yang selalu diingat dan dirindukan di Padang Panjang," sebutnya.


Sementara itu, Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, menyampaikan, pihaknya bersyukur dan bangga dipercaya menjalankan amanah untuk menjadi tuan rumah dari seminar tersebut.


“Perlu kami sampaikan, Kota Sawahlunto memiliki peran besar dan strategis dari lahirnya JKPI ini. Sejarahnya, dahulu kongres pertama JKPI itu dilaksanakan di Sawahlunto, dengan ketua saat itu Wali Kota Amran Nur bersama Wali Kota Solo, Bapak Jokowi,” ujar Deri Asta.


Menjadi tuan rumah seminar ini menurut Deri Asta, menjadi momen Sawahlunto untuk membantu anggota JKPI meningkatkan sinergi dan koordinasi.


“Pengalaman kami di Sawahlunto, memang salah satu kunci dalam mengelola Kota Pusaka ini adalah sinergi baik di dalam kota maupun ke luar kota. Karena itu kami senang sekali bisa membantu teman-teman anggota JKPI dalam menjalin sinergi karena kami tahu nanti akan sangat besar manfaatnya,” kata Deri.


Adapun delapan kota di Indonesia yang tergabung JKPI yaitu Banda Aceh, Siak, Sawahlunto, Bogor, Surakarta, Denpasar, Sumbawa dan Ambon. 


#GP | DF | Harris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS