Diskominfo Sijunjung Gelar Literasi Kesadaran Keamanan Informasi - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Diskominfo Sijunjung Gelar Literasi Kesadaran Keamanan Informasi

Senin, Agustus 29, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung gelar literasi kesadaran keamanan informasi di Balairung Lansek Manih, Senin (29/8/22).


Dari Infopublik Sijunjung. go. id., Kepala Dinas Kominfo, David Rinaldo dalam laporannya mengatakan kegiatan ini di selenggarakan dalam rangka menuju Aparatur Sipil Negara (ASN) berAKHLAK di dunia nyata dan dunia maya tahun 2022.


"Maksud diselenggarakannya kegiatan ini ialah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pengamanan dan melindungi informasi demi mencegah terjadinya serangan siber,”jelasnya.


“Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan ketahanan diri beraktivitas di ruang siber," jelas David.



Menurut David, peserta dari kegiatan ini sebanyak 70 orang yang terdiri dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Camat Se-kabupaten Sijunjung serta kasubag umum dan kepegawaian perangkat Daerah. 


Sekretaris Daerah Sijunjung, Zefnihan saat membuka kegiatan tersebut mengatakan saat ini kita melangkah ke zona revolusi industri 5.0, Dimana kemudahan akses terhadap dunia siber memungkinkan terjadinya pencurian data dan tindak kejahatan siber yang merugikan secara meterial dan mental.


"Untuk mengatasi itu diperlukan kesadaran keamanan dalam penggunaaan alat telekomunikasi agar tidak terjadi kebocoran data. ASN berkewajiban menjaga rahasia kedinasan, rahasia negara dan keamanan data privasi sendiri,”imbaunya.


Hingga kini, kata Sekda Zepnihan,  Sijunjung telah menerbitkan 860 sertifikat sejak tahun 2009, dan menjadi daerah tiga besar dalam penerbitan sertifikat eleoktronik di Indonesia. 


Diimbau peserta untuk mengikuti  kegiatan ini dengan serius, semoga materi yang disampaikan dapat memberikan hasil yang baik untuk keamanan dalam pemanfaatan teknologi informasi di lingkungan Pemkab Sijunjung,”harapnya.



Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut dari Kepala Bidang Siber dan Sandi Diskominfotik Sumbar, Eko Paisal dan Sandiman Muda Badan Siber dan Sandi Negara pada Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah, Nurman Yohan Sapondji.


#GP | Herman |  Noven | 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS