Mahasiswa KKN Unitas dan FK Unand, Sosialisasikan Personal higenis di SDN 01 Kampung Olo - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Mahasiswa KKN Unitas dan FK Unand, Sosialisasikan Personal higenis di SDN 01 Kampung Olo

Kamis, Juli 28, 2022


Padang(Sumbar),GP- Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan perilaku yang harus dimiliki setiap individu atau keluarga. Tidak terkecuali bagi anak-anak. Mengingat, mereka diharapkan dapat menolong dirinya mereka sendiri sehingga derajat kesehatan bisa ditingkatkan.


Berbagai penyakit yang terjadi pada anak usia (6-10  tahun) umumnya berkaitan dengan PHBS yang masih kurang. Dengan latar belakang permasalahan ini, mahasiswa KKN Universitas Tamansiswa Padang bekerja sama dengan fakultas kedokteran universitas andalas, melakukan kegiatan sosialisasi personal higenis di SDN 01 kampung Olo, kecamatan nanggalo kota Padang,kamis (28/7).


“Beberapa penyakit yang dialami anak usia sekolah seperti diare, typoid, sakit gigi, hepatitis, morbili, dermatitis dll erat kaitannya dengan personal hygiene yang kurang,” Ungkap pemateri dari fakultas kedokteran Universitas Andalas Dr. dr. Siti Nurhajah. M. Od.


Personal hygiene memegang peranan sangat penting. Sebab, rendahnya daya tahan tubuh anak memungkinkan banyaknya penyakit yang akan diderita jika personal hygiene anak tidak diperhatikan. Apabila daya tahan tubuh lemah, anak akan mudah terserang penyakit sehingga dapat mempengaruhi proses pertumbuan dan perkembangan serta prestasi belajarnya.

 


Kegiatan ini di ikuti lebih kurang 90 Anak SDN 01 kampung olo, majelis guru,serta kepala sekolah.”Rendahnya daya tahan tubuh anak usia sekolah salah satunya disebabkan pengetahuan yang kurang," ujar kepsek SDN 01 kampung olo Ibu Maulinda Husni, pada wartawan.


Maulinda juga mengucapkan,terima kasih kepada mahasiswa KKN dari Unitas Padang yang telah melakukan kegiatan personal higenis ini di SDN 01 kampung olo.


“Perilaku yang sehat harus mulai diajarkan kepada anak sejak usia dini agar anak terbiasa dalam kesehariannya. Pendidikan kesehatan mempunyai peranan yang penting untuk mengubah perilaku tersebut ,"pungkasnya.


# GP| FJR | MUF


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS