Desa Silokek masuk 50 Desa Wisata Indonesia Bangkit, Prasastinya di Tanda Tangani Sandiaga Uno. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Desa Silokek masuk 50 Desa Wisata Indonesia Bangkit, Prasastinya di Tanda Tangani Sandiaga Uno.

Rabu, Juli 06, 2022


Sijunjung(SUMBAR).GP- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, menanda tangani prasasti Desa Wisata Silokek di rest area Silokek, Rabu,  6 Juli 2022, atas keberhasilan Desa Wisata Silokek  masuk 50 Desa wisata Terbaik Desa Wisata Indonesia Bangkit tahun 2022.


Sandiaga mengucapkan selamat kepada masyarakat Silokek serta Pemerintahan Kabupaten Sijunjung atas terpilih Desa Wisata Silokek menjadi 50 desa wisata terbaik tahun ini. 


“Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit,” katanya.

 

"Apa yang diraih hari ini, untuk terus meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi demi peningkatan ekonomi masyarakat,"  harap menteri.


Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) ini, merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf dengan tujuh kategori, yakni daya tarik pengunjung yang memiliki keunikan dan keaslian alam dan buatan, homestay, suvenir, digital dan kreatif, toilet umum, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability), dan kelembagaan desa.


Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif beserta rombongan yang telah bersedia datang ke Silokek untuk kedua kalinya.


"Semoga dengan kehadiran menteri ini menambah semangat dan motivasi masyarakat untuk meningkatkan kreatifitas dalam mengelola wisata Silokek kedepannya. Wisata Geopark Silokek akan menjadi kawasan Unesco Global Geopark (UGGp)," ujar Benny. 


Kadis Parpora Sijunjung Afrineldi yang mendapat apresiasi dari menteri siang itu mengatakan, hari ini desa wisata Silokek sudah masuk 50 terbaik Indonesia dari 3500 desa wisata yang di nilai Tim kementrian Parawisata dan Ekonomi Kreatif.


 "InsyaAllah desa wisata Silokek masuk 5 (lima) besar, harap Afrineldi optimis.


Di  Rest Area Silokek Mas Mentri Sandiaga Uno, membayar tiket masuk dan menyaksikan kesenian talempong yang dibawakan oleh emak-emak dan  menyempatkan untuk memberi saweran kepada emak-emak pemain talempong tersebut.


Selanjutnya Mas Mentri ini juga menyaksikan tarian anak SDN setempat dan menyaksikan  produk produk kerajinan UMKM maupun makanan khas Sijunjung antara lain tas jali-jali, songket, batik ceta bacorak, gantungan kunci, gulai kacau, kopi carano ameh, madu galo-galo, keripik pisang.


Mas Mentri bukan hanya melihat lihat saja, tetapi pada kesempatan itu juga  ikut berbelanja dengan mengeruk uang di dompetnya pecahan lima puluh ribu puluhan lembar guna berbelanja beberapa produk.


“Kita adalah ROJALI alias Rombongan Jadi Beli, bukan ROHALI alias Rombongan Hanya Lihat-Lihat” ujar Sandiaga Uno  dalam sambutannya setelah berfoto  dengan emak-emak pengrajin tas.


Sesaat sebelum penandatanganan prasasti dan penyerahan piagam kepada Wali Nagari serta Pokdarwis yang diiringi dengan rintik-rintik hujan di bulan Juli ini,  Mas Mentri menyampaikan terimakasih atas sambutan Pak Bupati, Pak Ketua DPRD, Pak Kapolres, Pak Dandim, Pak Kajari, Pak Ketua Pengadilan Negeri, Ibuk Ketua Pengadilan Agama, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta Kadis Pariwisata Pak Afrineldi,"  ujar Mas Mentri  Sandiaga Uno yang hafal nama Kadisparpora Sijunjung Afrineldi, SH.


“Desa Wisata Silokek rancak bana, alamnya indah, budayanya terjaga, ini adalah pariwisata berbasis masyarakat” lanjutnya.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS