BKPSDM Gelar Bimtek Pengelolaan Kearsipan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

BKPSDM Gelar Bimtek Pengelolaan Kearsipan

Senin, Juli 04, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Pentingnya arsip sebagai sumber informasi, acuan dan bahan pembelajaran masyarakat, bangsa dan negara, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Kearsipan di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang di Aula Bappeda, Senin (04/07/2022). 


Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si mengapresiasi kegiatan bimtek ini. Karena arsip merupakan dokumen yang sangat penting dan akan menjadi warisan bagi generasi penerus. 


"Jika kita abai terhadap arsip, nanti akan mengancam keselamatan kita sendiri. Sebab tidak ada bukti yang sah, bahwa sebuah dokumen itu milik kita. Seperti arsip tanah OPD, kalau kita tidak punya dari sekarang, maka nanti penerus kita tidak ada yang mengetahui bahwa ini arsip dari OPD ini," sebutnya. 


Sekdako Sonny berharap, semua peserta yang hadir dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Ia minta narasumber bisa memberikan pembekalan dan bimbingan kepada peserta terkait pengelolaan kearsipan. 


"Kami minta, berikanlah pembekalan yang dibutuhkan pengelola arsip. Kalau bisa sesuaikan dengan arsip masa sekarang. Sehingga para peserta ke depan dalam mengelola arsip, ada perubahan yang fundamental," sebutnya. 


Sementara itu, Kabid Diklat, Kinerja dan INKA BKPSDM, Marjulas Sabri, M.E menyebutkan, arsip merupakan tulang punggung manajemen penyelenggara negara, memori kolektif bangsa, dan simpul pemersatu bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dikatakannya perkembangan teknologi, arsip telah bertranformasi dari era manual ke digital. Bentuk transformasi pengelolaan arsip ini adalah dengan diterapkannya Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). 


"Sampai saat ini, Padang Panjang masih belum menggunakan aplikasi Srikandi sebagai aplikasi untuk surat menyurat. Maka dari itu kami minta kepada narasumber agar memberikan bimtek kepada peserta terkait hal ini," katanya. 


Narasumber dari kegiatan ini adalah Arsiparis Madya dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Hafid Furqoni, S.S, Arsiparis Penyelia ANRI, Priyono Widodo, A.Md dan dari Pemko Padang Panjang. 


Bimtek ini berlangsung hingga 6 Juli mendatang dan diikuti pihak terkait dari OPD se-Padang Panjang.


#GP | DF | Cigus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS