Desa Kampung Baru Bersiap Jadi Desa Tanggap Bencana (DESTANA) - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Desa Kampung Baru Bersiap Jadi Desa Tanggap Bencana (DESTANA)

Jumat, Juni 10, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Mengingat Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan mempunyai potensi bencana alam yang mungkin terjadi, seperti banjir bandang batang Godang yang sasarannya lahan pertanian, longsor di Guguk Bulek dan sekitarnya serta kebekaran rumah dan hutan maka diprogramkanlah Desa Tanggap Bencana (DESTANA).


Hal itu diungkapkan Kepala Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan, Jalnibus, S.Pd dalam keterangannya kepada media, Jumat (10/6) 


Dikatakan Jalnibus, program ini pertama kali dilaksanakan  di Kabupaten Sijunjung, sehingga kampung kita menjadi Kampung Siaga Bencana. Program  ini melibatkan  3 OPD diantaranya Dinas Sosial, BPBD dan Damkar Kabupaten  Sijunjung serta Pihak Polres. 


"Nanti akan diadakan kegiatan pelatihan dan simolasinya di Desa Kampung Baru yang direncanakan  pada tanggal 14 sampai 16 Juni 2022  dibuka langsung oleh Bupati atau Wakil Bupati Sijunjung," ujar Jalnibus.


"Kita sudah komunikasikan, terkait perencanaan dan pelaksanaannya dengan Bapak Bupati, Asisten 3, Kepala BPBD dan dengan semua unsur terkait lainnya," ungkapnya.



Menurut rencana,  hari Senin, 13 Juni 2022 besok , akan dilaksanakan rapat persiapan teknis terkait Destana ini,  difasilitasi oleh BPBD, yang diundang dalam rapat tersebut Damkar, Dinas Sosial, Polres Sijunjung dan Desa Kampung Baru.



Lokasi pembukaan Destana rencananya di Kantor Desa Kampung Baru, merupakan kegiatan teori di ruang pertemuan, dan Simulasi penanggulangan berlokasi  di Sepanjang batang lawas, dari jembatan batu manjulur sampai kupitan untuk kegiatan penanganan banjir bandang, sedangkan  untuk kebakaran hutan di Bukik Ponggang oleh Damkar  serta pasca bencana  di Bukik Ponggang oleh Dinas Sosial.



Menurut Jalnibus, untuk tenaga dan  peserta Destana  dari Desa Kampung Baru telah ditetapkan petugasnya M.Taher, Zulhadi, Erman,Tarmizi, Roni Ambrizal,  Nusabri, Syahril, Armaiisyiah, Reni. M dan  Achan.


"Yang menjadi  Nara sumber dalam persiapan program Destana Kampung Baru tersebut, BPBD, Dinsos, Damkar, Camat  dan Polres Sijunjung,  senentara untuk  simulasi langsung Tim BPBD,Tim Damkar, Tim Dinsos dan Tim Polres Sijunjung," lanjut Jalnibus.


#GP | Herman.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS