Bumdes Bukit Iban Desa Kampung Baru laksanakan RAT dibuka Kabid Pemberdayaan Masyarakat DPMN Sijunjung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bumdes Bukit Iban Desa Kampung Baru laksanakan RAT dibuka Kabid Pemberdayaan Masyarakat DPMN Sijunjung.

Selasa, Juni 28, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Rapat Aggota Tahunan (RAT) Tahun Anggaran 2021  Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kampung Baru, Kecamatan Kupitan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Kepala DPMN diwakili Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Maghdalena, STP.,  Senin (27/6).


Maghdalena, STP dalam sambutannya mengatakan,  Bumdes Kampung Baru yang berdiri sejak  2017  sampai saat ini sudah dikucuri Dana Desa  (DD)  sebesar 291.500.000 ini,  seharus sudah mulai menggeliat jika di topang oleh jenis Usaha yang pas sesuai dengan potensi Desa dan ditunjang oleh Kemampuan Managerial Direktur,  apalagi Warga Kampung Baru yang sebagian besar merupakan perantau yang menggeluti usaha Variasi.


"Sekiranya  Inovasi Usaha Bumdes ini,  berpaling kearah home Industri Variasi, tentu perlu ditunjang dengan ketrampilan pendukung atau skill yang mumpuni. Ciptakan pelatihan serta peningkatan kapasitas   masyarakat di bidang variasi, sehingga muncul produk variasi, dan untuk  pemasaran barang tidak akan sulit, karena desa ini punya  perantau yang cukup handal dalam variasi," terang Maghdalena


Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM mengatakan, hadir juga  dalam RAT tersebut, Tenaga Ahli Bumnag Kabupaten Sijunjung Delpi,  Kasi Bumnag Ramadial SPt beserta rombongan, Tenaga Pendamping Profesional Vivi, Pendamping Teknik,  Ica dan Pendamping Lokal Cecep Setiadi SPd, Ketua Lembaga , Bundo Kandung, Ninik Mamak dan Tokoh Masyarakat Desa Kampung Baru.


"Musyawarah Desa (Mudes) sehubungan dengan RAT Bumdes Kampung Baru, secara aklamasi menerima laporan Pengurus Bumdes tahun anggaran 2021 dengan  saldo akhir Bumdes Kampung Baru sebesar Rp 225.400.000,-," ungkap Jalnibus.


Menurut Jalnibus,  Bumdes  Bukit Iban   Desa Kampung Baru ini berdiri tahun 2017 dengan modal awal kucuran dari  dana desa (DD) sejumlah  Rp 50 juta, pada tahun 2018 ditambah Rp 50 juta, tahun  2019 ditambah lagi sebanyak Rp100 juta, dan terakhir tahun 2021 ditambah lagi Rp 91,5 juta.


"Selain  saldo akhir, sebesar Rp 225 400 000,- pada RAT saat ini, juga ada aset Audio, Laptop dan Alat Tulis Kantor (ATK) yang  masih belum terjual," tutur Jalnibus.


Kepengurusan Bumdes Bukit Iban Desa Kampung Baru terdiri dari  Ketua pelaksana atau  Direktur Murroby Amd.,  Sekretaris Rio ,SE., dan  Bendahara Verawati SPd sedangkan Pangawasnya adalah  Zubir dan  Suardi Ompang Sati dan Penasehat Kepala Desa Kampung Baru.


Dikatakan Jalnibus, sampai saat RAT tahun anggaran 2021 saat ini Bumdes Bukit Iban usaha yang dilakukan adalah,  Pengelolaan Pasar tradisionil,  BP SPAM dan penjualan Alat Tulis Kantor.


Susuai dengan arahan para pembina dan pendampingan,  porgram berikutnya adalah ; 1. Penyempurnaan AD/ART  2. Bidang usaha kedepan disesuai dengan  kondisi pertanian.


Camat Kupitan yang diwakili Kasi Ekbang, Saherman, dalam sambutannya  menyampaikan  "Bumdes Bukik Iban Kampung Baru  kedepannya akan lebih jaya karena ada peluang variasi yang bisa  menjadi primadona usaha Bumdes ini ".


Sedangkan  Tenaga Ahli Bumnag, Delpi menyampaikan musyawarah desa  (Musdes) ini adalah pemegang hak  tertinggi untuk mengambil keputusan apa saja demi kemajuan  Bumdes, baik menentukan jenis usaha kedepan yang sesuau dengan kondisi dan potensi Desa Kampung Baru,  pengambilan keputusan   harus murni dari  hasil musdes ini.


Mudes selain dihadiri Kabid Pemberdayaan masyarakat DPMN juga diikuti oleh pendamping desa 3 orang, Tenaga Ahli Bumnag 1 org, dari  DPMN Kabupaten Sijunjung 5  orang, Pengurus Bumdes 2 orang,  Pengawas  2 orang, Pembina 1 orang,  Ketua Kembaga 8 orang, Bundo Kanduang 4 orang, Ninik.Mamak 4 orang, unsur  Pemuda 3 orang,  Perangkat Desa dan Staff 13  orang.



#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS