Wali Nagari Kumanis Sumiki Kamel : Pasar Ternak tutup Selasa besok, antisipasi PMK pada ternak. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wali Nagari Kumanis Sumiki Kamel : Pasar Ternak tutup Selasa besok, antisipasi PMK pada ternak.

Senin, Mei 16, 2022

                 

Sijunjung (SUMBAR).GP- Berdasarkan Surat Edaran Bupati Sijunjung Nomor:524.5/1525/Keswan/ Diperta-2002 Wali Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur Kudus mentup Pasar Ternak Kumanis mulai Selasa (17/5) besok sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Hal itu diungkapkan Wali Nagari Kumanis Sumiki Kamel kepada media, Senin(16/5)via WhatsApp  sehubungan dengan tanggapannya  menyikapi surat erdaran Bupati Sijunjung tentang berjangkitnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak dewasa ini.


"Ada enam himbauan Pemerintah Nagari Kumanis Kecamatan Sumpur, guna menghindari ternak masyarakat dari penularan PMK tersebut," ungkap Sumiki Kamel. 


Pertama, pasar ternak Kumanis mulai hari Selasa Tanggal 17 Mei 2022 besok akan ditutup sampai waktu yang belum di tentukan.  Kedua, berkaitan dengan PMK itu, Pemerintah Nagari Kumanis bersama dengan  Forkopimca Sumpur Kudus,  Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Sijunjung akan melakukan Pelarangan Pedagang Ternak beserta ternaknya untuk memasuki Pasar ternak Kumanis, mulai Selasa, 17 Mei 2022.


Ketiga, bagi masyarakat Nagari Kumanis yang memiliki ternak seperti kambing, sapi dan kerbau agar tidak melepas secara liar ternaknya, termasuk tidak boleh mengikat ternaknya baik siang maupun malam di pasar ternak Kumanis, karena setiap saat pasar ternak akan dilakukan pemantauan, disinfeksi dan sterilisasi.


Keempat, agar masyarakat peternak dapat menggembalakan ternaknya di siang hari dan mengurung ternaknya pada malam hari untuk mencegah interaksi dengan ternak lain.


 Kelima diingatkan masyarakat jangan panik, karena virus ini tidak menulari manusia, dan bagi pembeli daging untuk konsumsi tetap aman selama di olah dan di masak dengan benar, namun disarankan plastik, daun atau kertas pembungkus  daging dari pasar agar dibakar sesampai di rumah, karena virus ini dapat hidup di media lain dalam waktu yang lama, sehingga ada potensi menulari kepada ternak kita. 


Keenam, kata Sumiki Kamel, kami mohon pesan ini agar disampaikan kepada semua pihak, pedagang ternak, pemilik ternak dan masyarakat luas, agar kita  sama sama berupaya menjaga kesehatan ternak kita.


"Terima kasih atas perhatian masyarakat, mudah-mudahan, atas kebersamaan kita ini, diharapkanselamat lah ternak kita dari PMK ini," tutup Sumiki Kamel.




#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS