Berbasis Pemilahan di Hulu, WH8 Diskusikan Konsep Pengelolaan Sampah Bersama Perkim LH - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Objek Wisata Tang Aia

Telah hadir wisata keluarga yang diresmikan oleh Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P, Objek Wisata Tang Aia dan HV Tang Aia Cafe Resto Sungailansek di Kabupaten Sijunjung... Mari bawa keluarga berwisata di Tang Aia....... manjakan selera keluarga dengan aneka kuliner yang istimewa serta berbagai minuman segar yang sehat ....."Teh Taluo Ampek Tingkek" Juga tersedia Fasilitas: Seperti Mushalah...Metting room.....Mini market (saat ini sedang dalam pengerjaan).....Kolam renang (saat ini sedang dalam pengerjaan).......Permainan anak - anak (saat ini sedang dalam pengerjaan)...Tertanda....Hendri Saputra (Owner)

Berbasis Pemilahan di Hulu, WH8 Diskusikan Konsep Pengelolaan Sampah Bersama Perkim LH

Jumat, Mei 13, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Direktur WH8, Woody Hamdani, diskusikan konsep pengembangan pengelolaan sampah bersama Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH), Alvi Sena, M.T yang didampingi Tim Percepatan Pembangunan Padang Panjang, Ilham Aldelano Azre, S.IP, MA, di ruang kerja Kadis Perkim LH, Jumat (13/05/2022).


Dalam pertemuan itu, Woody yang didampingi Ahli Geologi Lingkungan, Ir. Ade Edward, menyebutkan pengelolaan sampah perlu dilakukan dari hulu ke hilir dengan memperkuat berbasis pemilahan di hulu. 


“Sukses di hulu dengan pemilihan, maka akan sukses di hilir. Sampah diolah jadi punya nilai tambah. Ini potensi bisnisnya luar biasa,” terang Woody.


Dikatakannya, ada 30% sampah yang bisa langsung jadi uang. Sisanya diolah menjadi maggot, pupuk kompos dan lainnya.


“Pengelolaan sampah harus melibatkan masyarakat dan stakeholder lainnya. Setelah dipilah (masyarakat), pengolahannya disesuaikan dengan fungsi sampah masing-masing. Yang selama ini terjadi, dipilah masyarakat, tapi ketika di TPA (tempat pembuangan akhir) justru digabung. Jadi perlu sistem terintegrasi dalam pengelolaan sampah ini. Sehingga ke depan, sampah tidak lagi jadi masalah,” ulasnya.


Usai diskusi, rombongan menyempatkan melihat langsung ke TPA Sungai Andok di Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat. Di lokasi ini, Ade Edward terang-terangan memuji TPA ini sebagai salah satu terbaik di Sumatera Barat. 


“Sistem sanitary landfill dan pengelolaan air lindi sudah sangat baik. Tinggal lagi pengolahan yang bisa dikembangkan dengan basis pemilahan di hulu dan pengolahan di hilir,” puji Ade.


Alvi Sena berterima kasih atas diskusi konsep pengelolaan dan pengolahan sampah ini. Pihaknya terus berupaya mengelola sampah sebaik mungkin. Termasuk melibatkan komponen masyarakat, seperti bertumbuhnya bank sampah yang menerima sampah yang telah dipilah warga.


#GP | DF | Max

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wisata Wahana Pemandian COMAY

Telah hadir Objek Wisata Keluarga Wahana Pemandian COMAY Berlokasi di Pintu Masuk Gerbanag Kota Padang Panjang (Sebelah Kiri Dari Arah Padang Menuju Bukittinggi - Sumatera Barat) , Tempatnya di Jembatan Kembar. Mulai Beroperasi Senin 2 Mei 2022. Selain Tempat Pemandian Keluarga, Wisata COMAY juga menyediakan fasilitas Penginapan, Copy Shop. Restoran Dengan Berbagai Aneka Kuliner. Wisata Keluarga COMAY Menyediakan Lahan Parkir Yang Luas, Aman, Nyaman Dan Profesional. Cukup Hanya Dengan Membayar Jasa Parkir Saja Keluarga Anda Bisa Menikmati Wahana Pemandian Sepuasnya. Mari...!!!!! Manjakan Keluarga Anda di Objek Wisata Keluarga Wahana Pemandian COMAY. Untuk Pemesanan Tempat Penginapan Silahkan Hubungi Contak Telpon Genggam 0823 8928 7745. Tertanda Rahmat Harahap (Owner)

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS