Tekan Stunting, DSPPKBPPPA Luncurkan Dapur Sehat - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Tekan Stunting, DSPPKBPPPA Luncurkan Dapur Sehat

Senin, April 18, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Pentingnya mengatasi permasalahan stunting, Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA) meluncurkan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat).


Dashat ini diresmikan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Senin (18/04/2022) di Aula Kantor Camat Padang Panjang Timur (PPT), didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati, ST, M.Eng, Sekdako , Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, Ketua TP-PKK, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP dan Kepala DSPPKBPPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si.


“Ini penting dan perlu diperhatikan, bagaimana stunting ini bisa turun melalui program Dashat dan pemberdayaan masyarakat serta pendidikan kepada keluarga yang di ambang stunting,” tuturnya.


Wako Fadly juga meminta dinas terkait dapat terus berupaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar anak-anak terhindar dari stunting. Salah satunya dengan mempersembahkan gizi yang cukup untuk anak.


Di kesempatan yang sama, Fatmawati menambahkan, dengan adanya Dashat ini diharapkan sinergitas, kolaborasi, dan komitmen bersama yang sudah lahir tidak putus dan tetap berkelanjutan. Sehingga upaya dan ikhtiar yang baik ini bisa dimanfaatkan manfaatnya.


“Dengan kekuatan bersama, mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, sampai tingkat terkecil ikut bersama-sama upaya percepatan penurunan stunting. Ini supaya angka 14% di tahun 2024 bisa kita capai. Bahkan kita berharap bisa mengentaskan stunting ini di bawah 10% untuk Kota Padang Panjang,” ucapnya.


Sementara itu, Osman menjelaskan, Dashat ini terletak di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dan pusat gizi serta pelayanan pada anak stunting. BKKBN dan ahli gizi telah menyusun menu sehat dengan konsep produk lokal guna memenuhi gizi seimbang.


Lebih lanjut, ia mengatakan, kegiatan Dashat mencakup perbaikan gizi dan konsumsi ibu hamil, ibu menyusui, serta balita. “Dalam hal ini masyarakat akan diberi sosialisasi terkait pangan lokal yang terjangkau, bercita rasa dan bergizi. Dan dipadukan dengan kegiatan kemitraan lainnya,” terangnya.


Dalam kegiatan ini juga dilanjutkan dengan mempersembahkan alat teknologi tepat guna (TTG) kepada kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga akseptor (UPPKA) untuk mendukung Dashat dari kepala Perwakilan BKKBN Sumbar.


#GP | DF | Dega

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS