Surau Babul Jannah Lontiak Jariang laksanakan Tarhib Ramadhan Berlangsung Meriah - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Surau Babul Jannah Lontiak Jariang laksanakan Tarhib Ramadhan Berlangsung Meriah

Selasa, Maret 29, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Bertempat  di Surau Babul Jannah, Lontiak Jariang, Jorong Taratak Botuang, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, jemaah surau Babul Jannah mengadakan  kegiatan Tarhib Ramadhan menjelang  bulan Ramadhan berlangsung dengan meriah penuh kekeluargaan,  Senin (28/3) malam



Hadir dalam kegiatan tersebut  Wali Padang Laweh Jouharuddin, segenap pengurus dan imam surau, tokoh masysrakat dan 300 jemaah sekitar surau tersebut.


Diawali dengan shalat  Isya berjamaah, dipimpin pembawa acara dilanjutkan dengan kata  sambutan Wali Nagari Jouharuddin yang  menyampaikan agar tradisi mendoa menjelang puasa (Silaturahmi) ini  agar terus dilestarikan.


Banyak manfaatnya,  diantaranya silaturrahim terjaga, ikatan persaudaraan pasti akan semakin kuat. Jika persatuan kuat maka pembangunan akan mudah dilakukan.


Selain itu wali nagari juga  menyampaikan,  bahwa pengaruh teknologi khususnya HP sangat banyak merusak karakter anak-anak kita. Untuk itu selama bulan ramadhan,  menjadi kesempatan kita untuk mengarahkan anak-anak untuk beribadah dan menjauhkan diri dari pengaruh HP tersebut.



Berikutnya disampaikan ceramah agama oleh Buya Warlan Sukandar, MA yang menjelaskan tentang Intisari dari tarhib Ramadhan (mendoa akan masuk puasa) adalah untuk  Wa'fu wash Fahu (saling memaafkan dan saling bersalaman).



Selanjutnya Warlan, da'i kondang Sumatera Barat ini, menjelaskan bahwa hasil dari ibadah puasa itu adalah mencapai derjat Taqwa, seperti ditegaskan Allah dalam Surat Al Baqarah ayat ke 183.


Ditegaskannya Taqwa adalah perilaku istiqomah orang beriman ketika sudah berada di luar Ramadhan. Istiqomah dalam menjalankan perintah Allah, dan meninggalkan larangan Allah.



Selama Ramadhan Allah telah berjanji untuk membelenggu syetan syetan. Sedangkan musuh manusia itu tidak hanya syetan tapi juga hawa nafsu. Maka  puasa bertujuan menekan hawa nafsu atau mengontrol hawa nafsu.


Menurut Warlan Sukandar, Hawa nafsu itu karakternya keras, maka hanya bisa di tekan dangan 3 cara yaitu dengan sedikitkan makan, sedikitkan tidur dan jaga kemaluan.


Usai ceramah dilanjutkan dengan makan bersama dan pembacaan doa serta saling bersalaman satu sama lainnya.


#GP | Herman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS