drg.Deby Puriperta : Kegiatan Role play untuk mewujudkan pelayanan paripurna. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

drg.Deby Puriperta : Kegiatan Role play untuk mewujudkan pelayanan paripurna.

Selasa, Maret 15, 2022


Sijunjung(SUMBAR).GP- Hari Jumat, 11 Maret 2022 sesuai komitmen Direktur RSUD Sijunjung bersama unsur pimpinan lainnya dimulai kegiatan role play dalam upaya meningkatkan kapasitas petugas dalam mewujudkan pelayanan di RSUD Sijunjung.

Pada saat pelaksanaan role play perdana itu, Direktur maupun Pimpinan Struktural setingkat Kepala Bidang tidak ada dalam ruang pertemuan lantai 3 RSUD Sijunjung tempat diadakan role play, karena Dinas luar,  namun kegiatan role play tersebut berjalan dengan baik dan lancar dipandu seorang Kepala Seksi Deby Puriperta dibantu seorang mantan petugas UGD yang berpengalaman.


"Teman teman semua, Buk Direktur dan Kepala Bidang Pelayanan kini sedang dinas luar, Ayo mari kita mulai kegiatannya, hari ini kita ditemani Yosi mantan petugas UGD yang telah banyak pengalaman," ajak Deby mengawali kata pengantar saat role play perdana.


Dengan penuh semangat dan wibawa Deby menjelaskan tata cara, serta menyampaikan tujuan mengapa diadakan role play di RSUD Sijunjung, serta mendapat perhatian oleh yang hadir saat itu.


Siapa Deby Puriperta itu ? Dia Jebolan Fakultas kedokteran gigi Universitas Baiturahmah Padang. Panggilan akrabnya Deby sekarang menjabat sebagai Kasi Pelayanan Medik pada Bidang Pelayanan  di RSUD Sijunjung.


Ketika menjawab pertanyaan media ini, Deby mengungkapkan, salah satu upaya  dalam meningkatkan pelayanan adalah dengan mempelajari kebutuhan pelanggan, jangan menyepelekan hal kecil yang sebenarnya penting. 


Selain itu sebagai pelatihan internal dari kita untuk kita, sesuai gagasan Direktur RSUD Sijunjung dr.Diana Oktavia, Sp.PD dilaksanakan role play secara berkala setiap Jumat, dimulai tanggal 11 Maret 2022 dengan pelaksa Ruang Unit Gawat Darurat (UGD).



Isteri dari dr.Zulhendri dan ibu dari 3 putra dan 1 putri itu punya  motto dalam kehidupannya "Jangan menyerah terhadap sesuatu yang belum tercapai" memang tampak dalam pelaksanaan tugasnya sehari hari.


Kharismatik, berwibawa serta  humorisnya  kelihatan, saat Deby  tengah memberikan bimbingan dalam kegiatan role play perdana yang ketika itu pesertanya civitas Ruang Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Sijunjung.


"Hari ini kita mengadakan role play, simulasi sesama kita  mencoba pratek bagaimana seharusnya kita sebagai "pelayan" menghadapi keluarga pasien yang komplen melalui kegiatan bermain," jelas Deby.






"Ayo, adik adik dan teman teman semangat ya ! Jangan ada yang malu malu dan sungkan untuk bertindak, kita berikan terbaik kita buat pelanggan, semoga visi RSUD Sijunjung "Melayani" betul betul terwujud," lanjut Deby ramah, senyum.


Deby yang hobi bernyanyi itu, lahir  di Tanjung Gadang, 29 Januari 1982. Awal pengabdiannya sebagai tenaga Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Puskesmas Tanjung Gadang, tidak terlalu lama di Tanjung Gadang, kemudian diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Puskesmas Lubuk Tarok.


Deby yang suka berpetualang ini, kembali di tugaskan di Puskesmas Tanjung Gadang, Alhamdulillah pada tahun 2019 Pemerintah Daerah (Pemda) Kapaten Sijunjung memberikan amanah sebagai Kepala Puskesmas (Kapus) Sijunjung.


Akhirnya putri Jasmir, BE Pensiunan Dinas PU Kabupaten Sijunjung,  dari Nagari Tanjung Gadang ini,  tepatnya Jumat tanggal 25 September 2021 resmi dilantik menjadi kasi pelayanan medik, pada Bidang Pelayan  di RSUD Sijunjung sampai sekarang. 


Ditanyakan tentang dampak positif dari kegiatan role play yang tahun ini dilaksanakan, Deby menuturkan,  setidaknya  kita bisa memahami kebutuhan yang sebenarnya yang diinginkan oleh pelanggan.


Pada akhir pelaksanaan role play, teman temannya yang  sebagai pengamat akan mempertanyakan, memberikan saran dan masukan kepada pelaksana role play. Dengan sendirinya baik yang  melakukan role play maupun penonton dan pengamat dapat merasakan kelemahan masing masing dan dapat pula menentukan perbaikannya.


"Pokoknya banyak manfaat dari pelaksanaan role play ini, baik bagi peserta, maupun bagi pimpinan dalam mewujudkan pelayanan paripurna RSUD Sijunjung kedepannya," lanjut Deby menerangkan.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS