Satu Dekade RSUD Sijunjung Melayani semakin mantap. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Satu Dekade RSUD Sijunjung Melayani semakin mantap.

Selasa, Februari 01, 2022

Sijunjung (SUMBAR).GP- Malam puncak peringatan satu dekade RSUD Sijunjung, Senin (31/1/2022) berlangsung sangat meriah, apalagi dengan suguhan hiburan tari dan lagu lagu dari personil RSUD Sijunjung sendiri. 


Bahkan Bupati Benny dan Ny.Riri Benny, Wakil Bupati Iradatillah dan Ny.Dona Iradatillah serta Kajari Efendri Eka Saputra,  ikut menyumarakan acara ini dengan lantunan  lagu lagu kesayangannya.


Sebelumnya, segenap civitas  RSUD Sijunjung bersama Direkturnya juga telah mengadakan kegiatan meriah kan secara interennya yang disebut " Seru ...seru...suka...suka...kita ...kita" dilaksanakan di lapangan parkir RSUD Sijunjung, hari Kamis (27/1) dengan kegiatan lomba antar ruangan menghias tumpeng, taman bunga dan buah serta hiburan segar KIM dengan Edi Cotok.


"Kegiatan secara interen RSUD Sijunjung ini, betul betul semarak dan gembira, serta dapat membangkitkan semangat  dan  menambah energi baru bagi keberlangsungan  rasa kebersamaan civitas dalam mewujudkan cita cita visi pelayanan RSUD Sijunjung tersebut," ungkap Kabid Pelayanan Nuswita.

Pada peringatan "Satu dekade RSUD Sijunjung melayani" di Gedung Pancasila  bersama Pemda Sijunjung itu, diawali dengan tari pasambahan yang dibawakan langsung oleh  grup kesenian RSUD Sijunjung sendiri  yang sangat memukau.


Banyak  para pengunjung dan undangan yang terkesima menikmati suguhan tari pasambahan grup RSUD Sijunjung itu.

Hadir dalam kegiatan Satu dekade RSUD Sijunjung melayani di Gedung Pancasila itu,  Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah, Ketua PN Muaro, Ketua TP PKK dan Ketua GOW Kabupaten, Waka Polres,  Camat Sijunjung dan Kepala BPJS Cabang Sijunjung serta  undangan lainnya.


Usai  menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dan  lagu Mars Sijunjung  juga diputarkan Vedio Flashback satu dekade RSUD Sijunjung melayani.


Direktur RSUD Sijunjung dr.Diana Oktavia, Sp.PD dalam kata sambutannya mengatakan, tak terasa sudah satu dekade umur  RSUD Sijunjung ini. Sepanjang kurun waktu tersebut banyak proses dilewati. Berdarah darah, bersimbah keringat, air mata suka dan duka. Banyak para pejuang yang silih berganti berjuang, tetapi tetap dalam satu tujuan berjuang mewujudkan RSUD Sijunjung menjadikan "Rumah Sakit Pilihan Yang Dicintai Masyarakat Dengan Pelayanan Yang Unggul Berkualitas Ramah Serta Senantiasa Mengutamakan Keselamatan Pasien," ujar Vivi panggilan akrab Direktur ini.

Dikatakannya, hari Senin  tanggal 30 Januari 2012 RSUD Sijunjung mulai beroperasi,  hanya dengan dua bagian spesialis Obgyn dan bedah. Pada saat ini RSUD Sijunjung telah memiliki 20 orang Spesialis dengan 13 bagian spesialisi yakni, Bedah Umum, Orthopedi (bedah tulang), Obgyn, Penyakit Dalam, Anak, Paru, THT, Mata, Syaraf, Patologi klinik, Akupunture, Medik, Kulit dan Rehabilitasi Medik.

"Saat ini kita menunggu kepulangan dokter Spesialis Patologi Anatomi, Jiwa dan Anestesi serta Spesialis Kedokteran Gigi. Mudah mudahan 1 tahun kedepan mereka telah berada di Negeriku tercinta ini, untuk memperkuat RSUD Sijunjung," harap Vivi.


Ditawarkannya, kita masih membuka kesempatan untuk dokter umum di Kabupaten Sijunjung yang berminat bergabung di RSUD Sijunjung dengan mengambil spesialis Radiologi dan Jantung.


Menurut Direktur RSUD Sijunjung dr.Vivi, total pagawai RSUD saat ini 352 orang terdiri dari tenaga medis, tenaga keperawatan, tenaga kesehatan lainnya dan tenaga non kesehatan.


Kalau untuk sebuah Rumah Sakit tipe C , ini jumlah spesialis yang sangat baik. Berdasarkan Permenkes nomor 30 tahun 2019, dapat disebut tipe C, hanya memiliki 4 spesialis dasar yaitu Bedah, Interna, obgyn dan Anak ditambah 3 lainnya dan 1 penunjang Medik. 


"Dengan 13 spesialis yang kita miliki saat ini, kita sudah memenuhi 4 spesialis dasar dan 5 spesialis lainnya dan 3 penunjang Medik," jelas dr.Vivi.


Pada tahun 2014 RSUD Sijunjung ditetapkan menjadi Rumah Sakit tipe C. Tahun 2015 RSUD Sijunjung langsung terakreditasi Perdana (Bintang satu). 


Pada tahun 2019 RSUD Sijunjung berhasil menaikan kelas kualitas  pelayanannya, sehingga menjadi terakreditasi Utama (Bintang Empat). Tahun ini RSUD Sijunjung akan melaksanakan Reakreditasi lagi, mudah mudahan dapat mencapai bintang 5 atau Paripurna.


Banyak program inovasi yang kita luncurkan dalam upaya meningkatkan pelayanan  RSUD Sijunjung. Diantaranya Pasien Bajaouik, RSUD Peduli, Lamak (Lemari Amal Kita) sampai saat ini terus berkembang, bahkan sudah bekerjasama dengan Baznas Kabupaten Sijunjung untuk kesuksesannya. 


Tahun 2021 RSUD Sijunjung juga meluncurkan inovasi Lansek Maniss. Lansek adalah Pelayanan lansia sehat komprehensif. Maniss adalah Melayani Anak Negeri Sijunjung Sehat.


Berikutnya "Alah Aksi" (Anak Lahir Akte siap) program ini kita bekerjasama dengan Dukcapil, program ini untuk mendukung program unggulan RSUD Sijunjung RASO (Ramah Anak Sayang Orangtua).


"Pada tahun 2021 RSUD Sijunjung dapat penghargaan dari Bapeten, penghargaan nasional terhadap keselamatan penggunaan radiologi. Dan Bupati Sijunjung juga  telah menyerahkan piagam Unit Kerja Pelayanan Publik kategori "Baik" bidang standar pelayanan publik untuk RSUD Sijunjung," jelas Vivi.


Tahun 2021 Menkes mempercayai RSUD Sijunjung sebagai Rumah Sakit Lokus penurunan AKI dan AKB dan BKKBN Pusat juga  menetapkan RSUD Sijunjung sebagai Rumah Sakit "Unggulan Pelayanan Keluarga Berencana" secara nasional, mewakili  seluruh Rumah Sakit tipe C dan D di Sumbar.


Dalam mengukur kepuasan masyarakat, RSUD Sijunjung telah bekerjasama dengan Unand tahun 2017 dan 2018 melakukan survei hasilnya sekitar 80 % menyatakan puas dengan pelayanan Rumah Sakit ini. Sedangkan dalam survei mandiri yang kita lakukan tahun 2021 angkanya 78 % pasien merasakan puas pelayanan RSUD ini. Menurut Permen PANRB nomor 14 Tahun 2017 tentang nilai 76,61 sampai 88,33 itu kategorinya "Baik" jelas dr.Vivi.

Dalam penilaian kepuasan masyarakat terhadap layanan RSUD Sijunjung tahun 2022 ini, kita akan bekerjasama melakukan survei dengan UNP Padang, dengan harapan hasil yang diperoleh lebih reliable.


Pesan khusus untuk semua civitas RSUD Sijunjung, Direktur sampaikan. Hello RSUD Sijunjung dijawab  dengan "siap melayani" oleh civitas RSUD Sijunjung serempak. Dilanjutkan dr.Vivi   yang terpenting adalah pastikan kita bekerja secara profesional dengan SOP dan pastikan anda memilih jalan diredhai Allah,Swt. Teruslah berbuat baik, sekalipun caci maki dihina dan seterusnya. 


Teruslah Ikhlas untuk berjuang mempersembahkan yang terbaik sesuai takdir profesi yang sudah diamanahkan pada kita. Selebihnya biarlah Allah yang menolong kita dari sagala kesulitan. 

Bila ini terus kita lakukan bukan mustahil, kalau RSUD Sijunjung kelak akan menjadi besar dan menjadi icon kebanggaan di Kabupaten Sijunjung serta visi pelayan "Menjadi Rumah Sakit Pilihan Yang Dicintai Masyarakat Dengan Pelayanan Unggul, Berkualitas Ramah Serta Senantiasa Mengutamakan Keselamatan Pasien dapat kita capai.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dalam kata sambutannya mengatakan, dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sijunjung terdapat prioritas pembangun daerah dibidang Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat dan Kinerja dan Pelayanan Pemerintah.


Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengatakan,  tugas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) adalah pelayanan kesehatan secara berdayaguna dan berhasilguna dengan mengutamakan penyembuhan dan pemulihan yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu dengan peningkatan dan pencegahan serta pelaksanaan rujukan.


Lebih lanjut Bupati Benny menegaskan, kesadaran masyarakat akan pentingnya pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi terus meningkat, bersamaan dengan perkembangan kemajuan teknologi.


"Pesatnya kemajuan teknologi informasi turut memacu tuntutan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang terbaik," jelas Benny.


Ditegaskan Benny, Rumah sakit perlu terus melakukan upaya dalam memperbaiki mutu pelayanan kesehatan, perbanyaklah senyum dalam melayani pasien. "Belum diberikan obat obat, senyum saja petugas kepada pasien sudah mulai berkurang penderitaan pasiennya,"  terang Benny dengan mengambil sampel rumah sakit swasta yang pernah beliau alami.


Menyikapi tuntutan masyarakat yang semakin kritis dan mengerti akan hak hak pasien, Rumah sakit diminta untuk terus melakukan upaya disegala bidang dalam usaha memenuhi kebutuhan masyarakat. 


Dan diharapkan juga, bisa mewujudkan visi RSUD Sijunjung itu sendiri yaitu " Menjadikan Rumah Sakit Pilihan Yang Dicintai Masyarakat Dengan Pelayanan Yang Unggul, Berkualitas, Ramah Serta Senantiasa Mengutamakan Keselamatan Pasien".


Lebih lanjut Benny, mengaturkan terimaksih dan mengapresiasi untuk RSUD Sijunjung yang merupakan salah satu icon Kabupaten Sijunjung yang telah beroperasi 10 tahun, dengan inovasi inovasi yang ada meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.


Hal itu terlihat, kata Bupati dengan peningkatan jumlah kunjungan ke RSUD Sijunjung dari tahun ke tahun Rumah sakit yang terakreditasi dengan penilaian Utama.


Apresiasi lagi buat RSUD Sijunjung, dengan diterimanya Penghargaan Nasional Bapeten. Ini menunjukan bahwa RSUD Sijunjung mempunyai prosedur kerja yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.


"Teruslah berbenah, tingkatkan kerjasama, berikan pelayanan yang lebih baik lagi, semoga RSUD Sijunjung menjadi Rumah Sakit pilihan utama oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, Rumah sakit yang dibanggakan oleh masyarakat Sijunjung pada umumnya," harap Bupati sembari menutup sambutannya.

Kabid Pelayanan Nuswita, mengatakan, disamping kita akan meningkatkan pelayanan lansia dan anak itu,  saat ini kita juga sudah mempercantik ruang VIP dan dilengkapi dengan TV dan lemari Es, sehingga benar benar akan memberikan kepuasan kepada pasien. 


Menurut Nuswita selaku Ketua  Panitia satu dekade RSUD Sijunjung melayani menuturkan,  malam ini juga diberikan hadiah bagi pemenang lomba HKN ke 57 dan HUT RSUD Sijunjung ke 10.


Pada malam memeriahkan satu dekade ini,  RSUD Sijunjung memberikan reward kepada yang terbaik, dokter dengan pelayanan terbaik diterima oleh dr.Yeni Putri, Sp.P., dokter terbaik Dr.Nafitra Windri, Kepala Ruang terbaik Ns.Ghitta Asbut, S.Kep, Ruang terbersih Rawatan Kebidanan dan Poli Rehab Medik, CS terbaik Misdal Afrita, Sopir terbaik Boy Darwin, Brankarman terbaik Rendi Saputra, Tenaga Penunjang terbaik Rahmad Maizan dan petugas laundry terbaik Indrawati.


 Pemenang lomba menghias Tumpeng  yang diikuti 25 ruangan keluar sebagai juara I, II dan III adalah ruang Gizi, Managemen dan Keuangan dan Managemen Penunjang. Sedangkan harapan I, II dan III diraih oleh ruang HCU, Ponek dan Perinatologi.


Lomba taman lingkungan RSUD Sijunjung, keluar sebagai juara I,  II dan III adalah ruangan Managemen, Komite Medik dan Ponek. Sedangkan juara harapan I, II dan III ditempati oleh  ruangan VIP, IPS-RS/ Laundry dan Rawatan Interne.


Dipenghujung acara juga dipersembahkan kebolehan salah seorang karyawan RSUD Sijunjung sebagai  pemenang pertama lomba Solo Song Virtual yang digelar sebelumnya.


#GP | Herman |ADV


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS