Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke 73 dalam Sidang Istimewa Paripurna DPRD - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke 73 dalam Sidang Istimewa Paripurna DPRD

Jumat, Februari 18, 2022

Sijunjung(SUMBAR).GP - HJK (Hari Jadi Kabupaten) Sijunjung ke-73, Jumat (18/2) diperingati melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Sijunjung yang dipimpin oleh Ketua DPRD Bambang Surya Irawan.


HJK Sijunjung ke-73 ini dihadiri oleh Staff Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Apartur dan Pelayanan Publik La Ode Ahmad Balombo, Anggota DPR RI Andre Rosiade, Anggota DPR RI Guspardi Gaus, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Ketua APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Anggota DPRD Propinsi Sumbar Daswanto, Rektor UNP Ganefri, Rektor ISI Novesar Jamarun, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah, serta Ketua DPRD Bambang Surya Irwan bersama seluruh Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung.


Pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Sijunjung dalam rangka HJK Sijunjung ke-73 ini juga  dihadiri  Kepala Daerah se-Sumbar dan Bupati Kuantan Singingi-Riau, Forkopimda, pimpinan instansi vertikal, BUMN/D, pimpinan organisasi, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Camat, Wali Nagari, tokoh masyarakat, dan juga dihadiri oleh mantan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Mantan Wakil Bupati Sijunjung Hasan Zaini dan Muchlis Anwar, Pejuang/Perintis/Pendiri Kabupaten dan ahli waris serta mantan Ketua DPRD Rayendra Rasyid, dan Mukhlis R.


Acara hari ini diawali pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Dasrizal yang merupakan Qori Internasional asal Nagari Padang Laweh dan sehari-hari juga salah seorang staff pengajar di UIN Syarif Hidayatullah-Jakarta, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Syukri Rahmad seorang lulusan Timur Tengah asal Nagari Padang Sibusuk yang juga merupakan Ketua MUI Kabupaten Sijunjung.


Pada kesempatan ini juga dilkukan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) antara Bupati Sijunjung dengan Rektor UNP mengenai pengembangan Fakultas Agribisnis UNP di Kabupaten Sijunjung. “Fakultas Agribisnis ini juga akan dibina nantinya bersama IPB” demikian sambutan Rektor UNP Ganefri. Disamping Fakultas Agribisnis nantinya kita juga akan kembangkan Pendidikan PAUD, lanjut Rektor UNP.


Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Bambang Surya Irawan melalui kesempatan ini juga mengajak hadirin tamu dan undangan untuk mengirimkan hadiah Al-Fatihah kepada almarhum H. Bakri Dt. Majo Indo salah seorang Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung yang berpulang ke Rahmatullah beberapa hari yang lalu.


Tokoh Masyarakat Kabupaten Sijunjung Adrizal dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Rektor UNP yang telah melebarkan sayapnya di Sijunjung dan marilah kita bersama-sama membangun Sijunjung, apalagi kalau diingat, dulunya Sijunjung merupakan sentra populasi kerbau, dadiah yang diolah dari susu kerbau dihidangkan bersama gulai kambing saat baralek, ujar tokoh masyarakat asal Nagari Muaro Bodi ini.


Sementara itu Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dalam sambutannya mengatakan “Pembangunan daerah di semua bidang membutuhkan kekuatan semua elemen masyarakat, untuk itu marilah kita bersatu membangun Sijunjung”


“Ditengah situasi pandemi ini, realisasi vaksinasi dosis pertama telah mencapai 86,7 % sementara untuk vaksinasi anak telah mencapai 39,3 % dalam rangka menuju herd immunity.


“Ombusmand perwakilan Sumatera Barat juga telah memberikan penghargaan kepada Kabupaten Sijunjung sebagai peringkat 5 atas capaian kepatuhan pelayanan publik, kemudian kita juga telah melakukan rehab 30 jaringan irigasi, serta pengembangan varietas unggul Lampai Sirandah, penyediaan Alsintan menuju NTP (Nilai Tambah Petani), digitalisasi UMKM, 59 nagari bebas sinyal, pengembangan Geopark Silokek, perbaikan infrastruktur, perbaikan kualitas dan angka harapan hidup, pembangunan RSUD di Kamang Baru, peningkatan SDM melalui UNP, SMK D2 dan BKK untuk siswa SMA/K, disahkannya nagari definitif Padang Laweh Selatan (sehingga saat ini sudah 61 nagari + 1 desa) serta 9 nagari mandiri, termasuk 5 kali berturut-turut opini WTP dari BPK-RI, dan terakhir Delfit Swandri dari Nagari Muaro sebagai Pemuda Pelopor telah menginspirasi kita bersama” terang  Benny Dwifa Yuswir.


#GP | Herman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS