Gubernur Mahyeldi Hadiri Batagak Gala Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya. SE. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Gubernur Mahyeldi Hadiri Batagak Gala Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya. SE.

Sabtu, Februari 19, 2022


Lima Puluh Kota(SUMBAR).GP- Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi. SP,  Dt. Marajo, bakal hadiri acara pengkuhan batagak gala Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya. SE, pada hari Senin,  ( 21-2-2022 ) di Kenagarian Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. 


Kepastian kehadiran Gubernur Mahyeldi, dibenarkan oleh Olly Wijaya. SE, setelah melalui dua orang Ninik Mamak yang diutus ke Padang Erval Umar Dt. Mangguang dan A. Dt. Pobo, pada hari Kamis 17-2-2022 lalu. 


Penobatan Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya sebagai Ninik Mamak, setelah melalui proses yang panjang, diawali dengan kesepakatan kaum. 


Setelah pengkuhan nantinya, Olly akan menjadi Pucuak Pimpinan dikaum "Piliang" di Pasukuan "Sembilan" dengan Gala "Datuak Kali Nan Putiah.

Sebelumnya gala ini di pegang oleh "Yasri Bermawi" mantan Wali Nagari Sarilamak yang juga pensiunan Chevron, wafat 3 bulan lalu. 


Koordinator panitia Fahmi, ketika dihubungi wartawan Goparlement Noveharnis,  menjelaskan,  bahwa prosesi Pengkuhan Gala Dt. Kali Nan Putiah di awali dengan "mandi Martabat".


Mandi Martabat ini ungkap Fahmi, bertujuan untuk membersihkan diri dari perbuatan yang kurang terpuji atau semacam "Mandi Taubat"


Kegiatan ini akan dilaksanakan besok Minggu 20-2-2022 sekitar jam 10 Wib, Mandi Martabat ini di Batang Arau di depan Masjid Raya Nurul Ikhlas Sarilamak, Olly wijaya akan dimandikan oleh Khatib dan Bilal Nagari.


Pada hari Senin 21-2-2022 sekitar pukul 10 Wib lanjut Fahmi, usai berpakaian di Lubuak Batingkok, Olly Wijaya langsung diarak dari pakan Sabtu menuju  Balai Adat. 


Dalam arak arakan tersebut Gubernur Mahyeldi,  Wako dan Wawako Payakumbuh, Bupati dan Wabup Lima Puluh Kota, Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra, S.Si, ikut meleburkan diri bersama puluhan Ninik Mamak, Bundo Kanduang serta ratusan masyarakat Sarilamak. Arak-arakan tersebut akan berakhir di Balai Adat Nagari Sarilamak. 


Menurut Fahmi,  di Balai Adat ini lah acara puncak 

Pengukuhan Gala Dt.Kali Nan Putiah, ditandai dengan penyelipan Keris Pusaka oleh Erval. Dt. Mangguang, dan pemasangan Saluak oleh M. Dt. Pucuak Nagari. 


Fahmi berharap, perhelatan Batagak Gala  yang sakral ini dapat berlangsung dengan khidmat dan diberkati oleh Allah SWT. 


# GP |  novi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS