Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung Buya H.Hidayatllah, Lc.MA : Bersyukur, ada peningkatan penerimaan ZIS Rp100 juta perbulan. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung Buya H.Hidayatllah, Lc.MA : Bersyukur, ada peningkatan penerimaan ZIS Rp100 juta perbulan.

Sabtu, Januari 01, 2022

 

Sijunjung (SUMBAR).GP- Dalam suasana melepas kepergian tahun 2021 dan menyongsong tahun 2022, Wartawan www.Goparlement.com (GP)  mengadakan wawancara khusus dengan Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung H.Hidayatullah,Lc.MA (Buya)  berkaitan dengan refleksi kegiatan kegiatan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sijunjung  tahun 2021 dan program yang akan dilaksanakannya di tahun 2022 ini.

Berikut wawancara khusus refleksi 2021 dengan Buya Hidayatullah,Lc.MA :


GP  : Umat ingin mengetahui refleksi dari Buya selaku  Ketua Baznas Sijunjung seperti apa pengelolaan Zakat, Infaq sedekah (ZIS) di Kabupaten Sijunjung selama  tahun 2021 lalu ?


Buya : Pertama sebagai pimpinan Baznas Sijunjung yang baru, sejak dilantik pertengahan tahun,  bulan April dan Mei  2021 itu masa transisi dengan pengurus sebelumnya. Dalam masa transisi ini adalah pelantikan, serah terima jabatan dan serah terima keuangan dan pembukuan. Jadi efektifnya kita bekerja bulan Juni 2021.  Refleksi kita pertama itu "Bersyukur". Mengapa bersyukur ? Sebab dari awal proses kita mengelola Baznas Sijunjung ini, kita lakukan konsultasi, sosialisasi dengan menggemakan "Cinta Zakat" dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sijunjung. Setelah itu diadakan  lounching Sijunjung Berzakat di Balairung Lansek Manih oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir  diikuti segenap Pimpinan  OPD, BUMN,BUMD,  Lembaga lembaga daerah dan  lembaga vertikal.  Berikutnya Pengurus Baznas membentuk tim sosialisasi dan melakukan sosialisasi ke berbagai OPD, Lembaga, Nagari, Sekolah dan masjid di daerah Lansek manih ini. Sejak awal proses terus bergerak, Alhamdulillah kita mendapat respon yang luar biasa dari Pemda Sijunjung, baik perorang maupun secara lembaga. Kita terus lakukan sosialisasi melalui  tim Baznas Kemudian muncullah kegiatan baznas Sijunjung " tiada hari tanpa sosialisasi".



Alhamdulillah semua yang kita laksanakan itu,  mendapat respon positif dari tokoh masyarakat, baik perorangan maupun secara organisasi. Maka ini lah yang harus kita syukuri kepada Allah SWT yang maha kuasa. Respon dari masyarakat meningkat tajam, kenerja baznas meningkat jadi lebih baik,  penerimaan juga melonjak naik.


Setelah kita  hitung,  selama tahun 2021 ada peningkatan penerimaan Zakat infaq dan sedekah Rp100 juta perbulan, jadi kita mulai kelola ZIS ini sejak Juni 2021, berarti dalam masa  7 bulan tersebut ada peningkatan  Rp700 juta  penerimaan sejak kita pegang  begitu.


GP: Apa saja gebrakan yang dilakukan dalam  meningkatkan pengumpulan ZIS tersebut ?


Buya : Jadi kita mulai dulu dari  penguatan di dalam Baznas sendiri. Strategi pertama kita bereskan dapur, karena di dapur ini digodok semua program Baznas. Kita tata manajemen Baznas lebih dahulu. Salah satunya kita  rekrut 2 orang  tenaga Amil, satu ahli  keuangan dan satu ahli  Akuntansi. Karena setelah kita cek, dari jumlah staf Amil Baznas Sijunjung itu  tidak ada yang berlatar belakang  keuangan dan Akuntansi. Sebenarnya merekalah  yang bekerja di dapur. Dia yang akan mengerjakan pencatatan tentang uang masuk, keluar dan membukukannya. Mereka harus  mengerti tentang cara menerima uang, menajemennya  dan melaporkannya.


Kalau kita kita bekerja se ikhlas apapun, tanpa ditata dengan baik hasilnya akan sia sia saja nanti dan membawa petaka bagi kita.


Berikutnya kita lakukan silaturahmi dengan pemerintah daerah, kita rapatkan barisan, kita minta dukungan, Alhamdulillah Pemda Sijunjung dibawah kepemimpinan Benny Radi dukungannya sangat luar biasa. Kita silaturahmi ke stake holder, Pimpinan lembaga vertikal lainnya, seperti  kepala Kajari, Kapolres, Dandim 0310/SS, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama semua mereka sangat respon dengan kegiatan Baznas Sijunjung.


Kita juga lakukan sosialisasi ke UPTD, Korwil Pendidikan Kecamatan, Nagari dan Perusahaan swasta seperti BPR dan perorangan yang menjadi potensi dari ZIS itu, ada sebagian yang sudah menyalurkan ZIS ke Baznas dan juga ada yang masih dalam proses.


Terakhir akhir kemarin kita tutup kegiatan sosialisasi tahun 2021 berupa rapat  konsulidasi dengan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sijunjung, disini sangat dirasakan ada semangat zakat ini milik umat dan komandan umat,  ya MUI ini.

Pembaca Goparlement Budiman tunggu hasil wawancara kami  selajutnya.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS