Masuk Nominasi DTW Halal, Islamic Center Dinilai Tim Provinsi - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Masuk Nominasi DTW Halal, Islamic Center Dinilai Tim Provinsi

Kamis, Desember 02, 2021

Padang Panjang(SUMBAR).GP- Islamic Center Kota Padang Panjang masuk tiga besar nominator Daya Tarik Wisata (DTW) Halal Sumatera Barat 2021. Visitasi lapangan dilakukan Tim Ahli DTW Halal, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Kamis (02/12/2021) .


Kunjungan lapangan Tim Penilai terdiri dari, Prof Dr. H. Ansofino MSi, Dr. Sari Lenggogeni, Dr Zainal, M.Ag, untuk menyesuaikan data dengan kondisi di lapangan.


Sari Lenggogeni, Ketua Tim Ahli DTW Halal yang merupakan pakar pariwisata Universitas Andalas, menyampaikan, dari 18 kabupaten/kota yang mengirimkan data, Islamic Center Kota Padang Panjang masuk kawasan tiga besar. Selain itu ada kawasan Istano Basa Pagaruyung di Kabupaten Tanah Datar dan Kawasan Danau Kembar di Kabupaten Solok.


"Pertama masuk Islamic Center ini, kami merasa seperti melihat suasana religi dengan pemandangan alamnya yang menyenangkan jiwa," ucapnya.


Adapun kriteria wisata halal, yang mencakup aspek wilayah, daya tarik wisata, fasilitas umum, aksesibilitas, investasi dan dukungan pemerintah.


"Salah satu indikator penting DTW Halal adalah kebersihan. Mulai dari kebersihan lingkungan, kebersihan toilet, serta kebersihan perlengkapan shalat yang disediakan," jelasnya. 


Dikatakannya, setelah melakukan visitasi lapangan, ada beberapa masukan terhadap pengelola atau pengurus kawasan Islamic Center. Di antaranya, agar ditingkatan aktivitas yang melekat pada Islamic Center, serta penyusunan kurikulum untuk pengunjung.


"Dengan menggelar berbagai kegiatan di Islamic Center dapat menjadi daya tarik serta kenikmatan rohani dan juga bisa menambah agama bagi pengunjung. Ke depan diharapkan ada penyusunan kurikulum untuk pengunjung, Ada pemandu bagi pengunjung sebagai tambah,".


Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Drs. Maiharman bersyukur kawasan Islamic Center masuk.


"Kedatangan Tim Ahli DTW Halal tidak dikondisikan, tanpa persiapan khusus. Agar tercapainya objektif apa adanya," ucapnya sengaja.


Dikatakannya, sebagai ikon Kota Padang Panjang, Islamic Center terus berbenah.


"Tahun 2021 ini, kita dapat bantuan DAK untuk pembangunan kios kuliner dan cenderamata. Dalam kawasan juga didirikan Monumen Al Qur'an tepat di depan masjid, yang merupakan sumbangan Alumni Angkatan 81 SMP Padang Panjang," jelasnya.


Ke depan, rencananya, akan terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, untuk mengunjungi seni di kawasan Islamic Center. 


"Beberapa catatan dari Tim Ahli DTW, akan kami tindaklanjuti. Sehingga Islamic Center DTW Halal serta tujuan wisata religi unggulan," sebutnya.


#GP | DF | Andes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS