Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir : Program Palawija sangat prosfek tingkatkan ekonomi masyarakat. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir : Program Palawija sangat prosfek tingkatkan ekonomi masyarakat.

Selasa, Desember 14, 2021

Sijunjung(SUMBAR).GP- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengatakan, program tanaman palawija ini sangat prosfek dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.Apalagi didukung dengan program Padat Karya Tunai Dana Desa (PKTD).  Program ini sebaiknya terus dilanjutkan.


Hal itu diungkapkan Bupati Benny Dwifa Yuswir, dalam sambutannya ketika melakukan panen jagung PKTD di lahan petani Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan, Senin (13/12).


Pada saat panen jagung  PKTD DD 2021 di Desa Kampung Baru itu, juga dihadiri oleh Direktur Rehabilitasi Sosial,  Kementerian Sosial RI diwakili Drs Erniyanto MSi dan Rombongan.


Dalam rombongan Bupati Sijunjung, juga kelihatan hadir  Wakil Bupati Sijunjung, Kejari Sijunjung, Sekdakab Sijunjung, Kadis Pertanian, Kadis Sosial, Sekretaris DPMN, Kapolsek IV Nagari, Danramil IV Nagari, Camat Kupitan, Pendamping Kecamatan dan Lokal Desa, Ketua BPP, Wali Nagari Se Kecamatan Kupitan,  Ninik Mamak, Alum Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Pemuda dan Keluarga Penerima Mamfaat(KPM)  Disabilitas, dan Masyarakat Petani Jagung Kampung Baru.


Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM usai kegiatan panen tersebut menyampaikan, panen jagung seluas 6 Ha ini,  dapat menghasilkan dengan 6,92 Ton/Ha., dengan jumlah  petani jagung sebanyak 29 orang.


Dijelaskannya, dana desa yang digunakan untuk kegiatan PKTD jagung ini sebanyak Rp.124 juta, dengan hasil panen sebanyak 41 ton, jika diuangkan lebih kurang mendapatkan hasil jualnya Rp 196 juta, sehingga memperoleh keuntungan Rp 71 juta.


"Program ini, betul betul  bisa meringankan beban ekonomi petani jagung. Apalagi dalam panen jagung kali ini, Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung juga meminjamkan mesin perontok jagung, sehingga mengurangi beban kerja petani," ungkap Jalnibus.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS