Mengenal Pontren As-salam Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Mengenal Pontren As-salam Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang

Senin, November 01, 2021


Sijunjung(SUMBAR).GP- Satu satunya Pondok Pesantren (Pontren) di Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung adalah Pontren As-salam berkampus di pinggir jalan lintas Sumatera Muaro Linggeh, Jorong Sibisir, Nagari Timbulun.

Pontren dalam usianya yang relatif muda, sudah banyak menuai prestasi baik dalam perolehan nilai ujian akademik semesteran dan ujian akhir sekolah maupun dalam kompetisi tingkat Kabupaten Sijunjung.


Pekan lalu dalam lomba Cerdas Quran yang diselenggarakan PadangTV bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, utusan SMP Islam Assalam memajukan 3 tim, ketiganya masing masing  meraih juara 1,2 dan 3 tingkat Kabupaten Sijunjung.


Ketika berbincang dengan Wakil Pimpinan Pondok Assalam Ustadz H.Muhammad Fadli,Lc belum lama ini, menuturkan, Pondok Pesantren Assalam bardiri dan menerima santri pada tahun 2017.


Saat ini Pondok Pesantren As-Salam memiliki dua jenjang pendidikan yaitu SMP (Putra dan putri) dan SMA (Putri). Memilik santri 77 orang keseluruhannya,  dengan rincian 51 orang santri SMP Putri dan 21 orang putra,   sedang santri SMA putri baru ada 5 orang.


Pondok Pesantren  ini dipimpin oleh Ustadz Muhammad Ismi, Lc. dan Wakilnya saya sendiri, ungkap  Ustadz Muhammad Fadhli, Lc. menuturkan. 


SMP Islam Assalam dipimpin Kepala Sekolah, Ustadzah Apdyan Dwi Hendrajah, S.Pd. sedangkan  SMA dipimpin oleh Ustadz H. Hapizhir Rahman, Lc., M.Pd


Pada 22 Oktober 2021 kemaren Ponpes As-Salam dipercaya menjadi tuan rumah Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Kabupaten  Sijunjung yang dihadiri oleh Wabup Iradatillah, Afrizal, Kakan Kemenag, Kabag Kesra, dan Forkopimcam Tanjung Gadang "Alhamdulillah berlangsung dengan sukses," ungkap M.Fadli.


Pondok Pesantren As-salam berada dibawah naungan Yayasan Wakaf As-Salam yang berdiri pada April 2015. Pada awalnya Yayasan Wakaf Assalam  mendirikan Rumah Tahfizh yang menampung anak-anak untuk menghafal Al-Quran. Kemudian pada Juli 2015 menyelenggarakan pendidikan sekolah dasar yaitu SDIT As-salam.


Sampai pada tahun ajaran 2020/2021 Pondok Pesantren As-Salam masih hanya menerima Santri SMP Putri. Sampai saat ini kita telah menamatkan dua angkatan SMP Putri. Baru pada Tahun Ajaran 2021/2022 dilakukan penerimaan Santri SMP Putra dan Santri SMA Putri.


Alamat lengkap Pondok Pesantren As-Salam terletak di Jalan Lintas Sumatera Muaro Lingge, Jorong Sibisir, Nagari Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang. Pondok berdiri diatas tanah seluas kurang lebih 2,5 Hektar.


Diutarakan Ustadz Fadli, yang menjadi program unggulan di Pesantren Assalam ini adalah 1.Pembinaan Karakter (Caracter Building)

2. Tahfizh Al-Qur'an dengan target minimal 5 Juz untuk  SMP dan 10 Juz untuk  SMA

3. Bahasa Arab dan Inggris

4. Kitab Kuning


Untuk program Tahfizh dan Kitab Kuning kita masukkan dalam kurikulum sekolah dan ditambah mengaji malam  kitab kuning dan Tahfizh Subuh hari.


Untuk bahasa Arab kita membiasakan anak-anak untuk berbicara mempraktekkan Bahasa Arab dan Inggris diasrama dan ada hari hari tertentu menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris yang disebut dengan  Hari Bahasa Arab atau Hari Bahasa Inggris.


Kegiatan Program Pondok dimulai dari Pukul 03.30 Wib diawali dengan Shalat Tahajud dan diakhiri dengan waktu Istirahat tidur malam pada pukul 21.30 Wib.


Secara umum santri kita berasal dari Kabupaten Sijunjung. Terdapat juga santri yang berasal dari Padang, Solok, dan Dharmasraya.


Ruang kelas yang ada pada saat ini adalah 3 buah lokal belajar SMP Putri, 1 lokal belajar SMP Putra dan 1 lokal belajar SMA Putri. Untuk tahun Ajaran baru (2022/2023) kita akan membangun setidaknya 2 buah ruang belajar  SMP Putra dan SMA Putri serta 2 buah ruang asrama.


Untuk pembangunan,  kita masih mengandalkan sumbangan dari Wali Murid, Para Donatur dan Muhsinin. Baik berupa Infak, Sedekah ataupun Wakaf.


Prestasi yang pernah diraih antara lain, Juara 1 Tahfizh tingkat SMP Sekabupaten Sijunjung,  Peringkat Pertama SMP Kabupaten Sijunjung pada Try out UN tahun ajaran 2019/2021, Juara II Lomba Literasi SMP tingkat Kabupaten Sijunjung.


Berikutnya, Juara I, II dan III  Lomba Cerdas Quran Padang TV,  Juara I Olimpiade Tahfizh Tingkat Kabupaten Sijunjung, Juara I Standup Comedy pada Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional ( Pospenas) Kabupaten Sijunjung dan Juara I Pidato Bahasa Arab Pospenas Kabupaten Sijunjung.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS