Ketua MUI Kabupaten Sijunjung H.Syukri Rahmat, Lc.MA : Ada empat sifat yang menjadi penyebab penyakit hasad. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ketua MUI Kabupaten Sijunjung H.Syukri Rahmat, Lc.MA : Ada empat sifat yang menjadi penyebab penyakit hasad.

Minggu, November 07, 2021

Sijunjung(SUMBAR).GP- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sijunjung Ustadz H.Syukri Rahmat, Lc.MA bertindak jadi imam dan penceramah subuh pada kegiatan Gerakan Subuh Berjamaah (GSB) Kecamatan Kamang Baru di Masjid Ubudiyah Kamang, Ahad (7/11).

Penyuluh Agama Fungsional (PAF) Kecamatan Kamang Baru, Emriadi, S Ag mengatakan dihadapan sekitar 250 jemaah GSB Kecamatan Kamang Baru edisi 197 itu, Ketua MUI Ustadz H.Syukri Rahmat menyampaikan 4 sifat menjadi penyebab penyakit hasad atau dengki yang perlu dihindari manusia.


Pertama permusuhan dan kebencian.Munculnya hal ini kata Syukri karena adanya sebuah nikmat atau tujuan yang diperebutkan orang banyak. Hal ini sering terjadi justeru sesama teman sendiri, sesama saudara kandung atau sesama saudara sepupu.


Kedua sifat sombong dan angkuh. Hal ini sering terjadi pada seseorang yang sering mendapat sanjungan dan pujian, entah dikarenakan ilmu dan jabatannya, karena keberanian, ibadah, ketrampilan/skill dan kekayaannya, sehingga mereka terbiasa mendapat pujian dan itu membuat kesenangannya. 


Ketiga sakit hati dan keras hati. "Ada sebagian manusia,  apabila disebutkan padanya tentang seseorang diantara  hamba Allah yang mendapat nikmat dari Allah, maka hatinya merasa sakit," ujar Syukri.


Keempat takut kehilangan jabatan dan kedudukan. Menurut Ustadz Syukri, munculnya ini sama dengan penyebab munculnya  permusuhan dan kebencian tadi yaitu disebabkan ada kenikmatan dan kedudukan yang diperebutkan sesama.


Diingatkannya, kalau mau menjauhi diri dari penyakit hasad dan dengki maka jauhi segala penyebabnya, bila memelihara sifat hasad dengki siap siaplah semua amalan dan ibadah kita akan tekor akibat dilalap habis oleh hasad tersebut.


Kegiatan GSB ini dihadiri tokoh masyarakat, anggota DPRD Sijunjung Mukhlis, S.Hi, ninik mamak, penyuluh dan para mubaligh, serta jemaah yang berasal dari Nagari Siaur, Sungai Lansek, Muaro Takuang, Kunangan Parit Rantang dan ibuk ibuk majelis ta'lim Jorong Kamang.


PAF Kecamatan Kamang Baru Emriadi, S.Ag selaku pegiat GSB dan Ketua Rumah Mualaf menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan dan kehadiran Ketua MUI dalam GSB hari ini, dan diharapkan juga kesediaan Ketua MUI untuk pemberian tausiyah pasa GSB ditempat berbeda pada masa mendatang.


Selain itu, Emriadi juga mengabarkan dan melaporkan kepada Ketua MUI tentang kegiatan Katam pembinaan para Mualaf Kamang Baru pada hari Selasa (9/11).


Sedangkan Mukhlis, S.Hi selaku tokoh masyarakat Kamang dan Pengurus masjid Ubudiyah Kamang mengapresiasi atas kehadiran jemaah GSB yang cukup ramai dan terimakasih atas kehadiran Ketua MUI Ustadz H.Syukri Rahmat,Lc.MA di subuh ini.


"Usai serangkaian kegiatan GSB tersebut ditutup dengan penyerahan kenang kenangan kepada pengurus masjid dari GSB Kecamatan Kamang Baru dan sarapan pagi bersama yang disediakan jamaah masjid Ubudiyah Jorong Kamang," ungkap Emriadi.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS