Bunda Paud Kabupaten Sijunjung Ny.Riri Benny Dwifa kukuhkan Pokja Paud Kabupaten dan Bunda Paud Kecamatan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bunda Paud Kabupaten Sijunjung Ny.Riri Benny Dwifa kukuhkan Pokja Paud Kabupaten dan Bunda Paud Kecamatan

Kamis, November 04, 2021

Sijunjung(SUMBAR).GP- Bunda Paud Kabupaten Sijunjung Ny.Riri Benny Dwifa melakukan pengukuhan Kelompok Kerja (Pokja) Paud Kabupaten Sijunjung dan Bunda Paud Kecamatan di Gedung Pancasila Muaro, Kamis (4/11) siang.

Kegiatan pengukuhan Pokja Bunda Kabupaten dan Bunda Paud Kecamatan itu,  dilaksanakan dalam acara  kegiatan penguatan kapasitas 8 orang  Bunda Paud Kecamatan dan 62 orang Bunda Paud Nagari se Kabupaten Sijunjung.


Kegiatan penguatan kapasitas Bunda Paud Kecamatan dan Bunda Paud Nagari se Kabupaten Sijunjung ini terlaksana atas kerjasama Mendikbudriset RI dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung dihadiri Bupati Benny Dwifa Yuswir, Pokja Bunda Paud Kabupaten, Ketua PKG Paud se Kabupaten Sijunjung.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung,  Usman Gumanti,S.Pd.MM dalam laporannya menyampaikan, Pokja Bunda Paud Kabupaten ini sudah terbentuk pada 3 Maret 2021, namun belum dikukuhkan, maka pada saat penguatan kapasitas Bunda Paud kecamatan dan nagari ini kita laksanakan.


Lebih lanjut, Usman Gumanti juga melaporkan  lembaga Paud di Kabupaten Sijunjung ini berjumlah 502 lembaga terdiri dari TK, KB, TPA dan SPS dengan tenaga pendidik 1.328 orang, status PNS 82 orang dan Non PNS 1.248 orang.


Disebutkan Usman Gumanti dari sekian jumlah lembaga Paud bila dilihat pada kepemilikannya, ada Paud Milik pemerintah, ada Paud milik Nagari dan ada Paud dimiliki swasta/Yayasan yang semua itu harus kita layani dengan baik.


Sedangkan Bunda Paud Kabupaten Sijunjung Ny.Rini Benny Dwifa, mengucapkan selamat kepada Bunda Kecamatan dan Pokja Bunda Paud Kabupaten yang baru saja dikukuhkan.


Ditegaskannya, tujuan  dikukuhkan Bunda Paud Kecamatan dan Pokja Bunda Paud Kabupaten Sijunjung ini adalah dalam upaya  untuk meningkatkan layanan pendidikan usia dini di daerah ini.


Lebih lanjut, Bunda Paud Ny.Riri menyampaikan pendidikan di Paud adalah masa emas, usia  0 sampai 6 tahun yang perlu menjadi perhatian kita bersama dengan sebaik baiknya.


"Bila masa  usia emas ini dapat kita layani dengan sempurna, Insya Allah akan tumbuh generasi berkualitas, disinilah peran kita Pojka Bunda Kabupaten, Bunda Paud Kecamatan, Bunda Paud Nagari, untuk  menfasilitasi sehingga  terwujud  pemberian layanan yang baik kepada anak usia dini," ungkap Bunda Paud Riri. 


Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dalam pengarahannya, memberikan ucapan selamat kepada Bunda Paud Kecamatan dan Pokja Bunda Kabupaten yang baru saja dikukuhkan,  tentu sesudahnya  ada kewajiban dan tugas-tugas yang harus dikerjakan dengan ikhlas, sehingga dengan keikhlasan itu akan bernilai ibadah disisi Allah.


Ditegaskan Bupati, Paud mempunyai peranan penting dalam pembangunan bangsa, disinilah diharapkan peran guru Paud dalam mendidik anak anak Paud untuk kemajuan bangsa kedepannya.


"Semoga ditangan guru guru Paud Kabupaten Sijunjung ini  nanti tumbuh generasi yang berkualitas,  berkarakter sesuai visi misi daerah Sijunjung ini," ujar Benny


"Kami yakin banyak kreatif guru Paud dalam proses pembelajaran anak anaknya, akan melahirkan anak anak yang hebat, berkualitas yang nantinya akan menggantikan posisi jabatan yang sedang diemban pejabat saat ini," ujarnya.


Dalam Surat Keputusan Bunda Paud Kabupaten Sijunjung, komposisi Pokja Paud Kabupaten Sijunjung itu, Pembina adalah Bupati Sijunjung, Wakil Bupati Sijunjung dan Sekdakab Sijunjung, sebagai Penasehat, Kepala Dinas Pendidikan Sijunjung dan Penanggung Jawab Bunda Paud Kabupaten Sijunjung


Sedangkan Ketua Pokja Paud Kabupaten Sijunjung dipercayakan kepada  Hendri Nurka,S.Sos.M.Si., Sekretaris Sri Purwanti, S.Pd dan Bendahara Delvianti Barsi, SE


Bidang Penelitian dan Pengembangan sebagai koordinator Magdalena, SP dengan anggota Etalisna Sanur, SH dan Fitria Murliyanti,SH.,  Bidang Pendidikan & Latihan, Koordinator Ermizaldi,  S.Ag.MA dengan anggota Amrul, S.Pd dan Megawati, S.Pt.


Bidang  Kesehatan dan Gizi koordinator  Rica Gustavera, S.Keb. dengan anggota Ihsan Maulana, S.Gz., dan Rini Pratiwi Yuswir, S.ST sedangkan Bidang Humas Koordinator Nasril, S.Pd dengan anggota Herman, S.Ag dan Daisul Andri, SE.


Menurut Kabid Pembinaan Paud dan PNF Hendri Nurka, S.Sos., M.Si yang juga Ketua Pokja Bunda Paud Kabupaten Sijunjung mengatakan, tugas Pokja itu antara lain melakukan kerjasama dengan organisasi sosial, keagamaan, profesi, serta yang lain yang terkait dengan peningkatan layanan Paud secara berkala dan berkesinambungan untuk mewujudkan layanan Paud berkualitas.


Berikutnya, melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap layanan Paud tingkat kabupaten, serta melakukan pendampingan, koordinasi, singkronisasi dan sinegritas lintas program dan sektor terkait dalam pembinaan layanan Paud dan terakhir mengupayakan peningkatan mutu Pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini.


Sedangkan Bunda Paud  Kecamatan tercantum dalam lampiran SK Bupati nomor 188.45/445/KPTS-BPT-2021 tanggal 29 Oktober 2021 adalah Ny.Ofianti Adri Bunda Paud Kecamatan Kupitan, Ny.Calni Asrizal Bunda Paud  IV Nagari,  Ny.Fit Elko Bunda Paud Koto VII, Ny.Yulia Roni Bunda Paud Sumpur Kudus.  Ny.Riri Bobi Bunda Paud Sijunjung, Ny.Yosha Julhardika Bunda Paud Lubuk Tarok, Ny.Zolla Emil Evan Bunda Paud Tanjung Gadang dan Ny.Threanty Nasaruddin Bunda Kamang Baru.


Hendri Nurka kepada Bunda Paud Kecamatan dan Bunda Paud Nagari menyampaikan supaya segera membetuk Pokja Paud Kecamatan dan Pokja Paud tingkat nagari masing masing, diharapkan dalam masa tiga pekan kedepannya sudah terbentuk Pokja Paud Kecamatan dan Nagari tersebut, sehingga akan lanjutkan dengan kegiatan penguatan kapasitas bagi Pokja tersebut.


Usai kegiatan resmi  acara penguatan kapasitas bunda Paud Kecamatan dan Nagari itu  diwarnai dengan acara berpoto poto bersama Bunda Paud Nagari dengan Bunda Paud, Ketua PKG Kecamatan masing-masing.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS