Wako Fadly Amran : Dorong Ekonomi Masyarakat, Padang Panjang Dukung Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wako Fadly Amran : Dorong Ekonomi Masyarakat, Padang Panjang Dukung Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru

Kamis, Oktober 28, 2021


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Dalam acara Evening Up yang menempatkan stasiun televisi CNBC Indonesia, Kamis (28/10/2021), Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano mengatakan Padang Panjang mendukung rencana pembangunan tol Padang-Pekanbaru . Jalur tol ini bakal melewati empat kelurahan yang ada di kota Serambi Mekkah ini rencananya masuk dalam fase pembangunan 2.


“Padang Panjang sudah memulai persiapan dalam lahan lahan. Sejauh ini berjalan lancar, dengan melakukan percakapan bersama ninik mamak dan masyarakat setempat terkait lahan yang nantinya akan dilewati sebagai jalan keluar tol Pekanbaru-Padang pada pembangunan fase 2,” sebutnya.


Dikatakan Fadly, Pemko sudah membentuk untuk menyosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan adanya lahan yang akan dilakukan.


Dari empat kelurahan yang akan dilewati, Fadly mengungkapkan ada lahan-lahan produktif, seperti lahan pertanian dan saluran irigasi. Hal ini sudah ditentukan bersama DPRD. Pemko juga sudah menjalin komunikasi dengan pihak konsultan dan pihak kontraktor PT. Hutama Karya. 


"Sudah ada rekayasa-rekayasa teknis yang nantinya dilakukan, tentu tidak akan merugikan. Kita juga mencari alternatif sehingga lahan-lahan produktif ini tetap berlangsung dengan baik," tuturnya.


tanah ulayat, terkaitnya, perlu komunikasi yang ekstra dengan pemangku adat, ninik mamak. “Perlu komitmen dari masyarakat dan pemerintah juga memiliki komitmen yang sama untuk percepatan. Saya rasa ini bisa dilakukan," kata Fadly optimis.


Jalan tol ini, katanya, merupakan program strategi nasional dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Padang Panjang yang ditargetkan masuk dalam fase 2 pembangunan, akan memiliki jalan keluar tol yang tentu menguntungkan dan mendongkrak perekonomian masyarakat.


"Kami juga menyuarakan ini untuk percepatan percepatan bisa dilakukan. Sehingga fase berikutnya bisa terlaksana sesuai dengan kurun waktu yang ada. Kami berharap ini bisa dilanjutkan, agar bermanfaat bagi keberlangsungan ekonomi Sumbar dan khususnya Padang Panjang," katanya.


Rencana pembangunan exit tol di Kota Padang Panjang, katanya lagi, akan berdampak bagi ekonomi masyakarat Padang Panjang. Bisa menumbuhkan pusat-pusat perekonomian baru, baik dari sektor perdagangan maupun pertanian hingga pariwisata. “Karena dengan adanya exit tol itu, akses masyarakat luar ke Kota Panjang Panjang akan lebih mudah,” jelasnya.


Banyak manfaat yang bisa dirasakan, lanjut Fadly, karena Padang Panjang memiliki produk-produk pertanian, perkebunan dan peternakan masyarakat. Dengan terealisasinya tol ini, pemangkasan waktu pendistribusian akan berpengaruh dan bisa meningkatkan pemasaran hasil pertanian.


"Untuk sektor pariwisata, kami berkeyakinan, dengan adanya tol ini akan menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan luar Sumbar untuk berkunjung ke objek wisata yang ada. Pasalnya akses dan jarak tempuh wisatawan yang akan berkunjung ke Sumbar sudah pasti menjadi lebih mudah," ulasnya.


Dalam kesempatan itu, Fadly juga mengabarkan, bahwasannya saat ini Pemko sedang mempersiapkan pembangunan Sport Village yang manjadi sarana olahraga bagi para atlet dan masyarakat Kota Padang Panjang dan sekitarnya.


"Kami juga berharap, Sport Village yang kami bangun ini, mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luar untuk berkunjung ke Kota Padang Panjang," tulisnya.


Sementara itu Ellen Gracia Natalia yang memandu acara Evening Up ini, dalam sesi pembuka menyebutkan PT. Hutama Karya menargetkan mampu menyelesaikan sebagian konstruksi ruas jalan bebas hambatan Pekanbaru-Padang pada akhir tahun ini.


Hutama Karya, katanya, meminta pihak yang menangani pembebasan lahan agar dapat segera menuntaskan kewajibannya. Percepatan itu penting dilakukan agar mereka bisa mengoptimalkan proses konstruksi.


#GP | DF | Dega

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS