Cucilah Tangan, Karena Masa Depan Ada di Tangan Kita - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

DEMITRA LAW MEMBANTU ANDA DALAM MENGATASI PERMASALAHAN HUKUM, KLIK dan LIHAT SELENGKAPNYA

DEMITRA LAW MEMBANTU ANDA DALAM MENGATASI PERMASALAHAN HUKUM, KLIK dan LIHAT SELENGKAPNYA
DEMITRA LAW MEMBANTU ANDA DALAM MENGATASI PERMASALAHAN HUKUM, KLIK dan LIHAT SELENGKAPNYA

Cucilah Tangan, Karena Masa Depan Ada di Tangan Kita

Jumat, Oktober 15, 2021

Padang Panjang(SUMBAR).GP- Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Cuci tangan dengan sabun (CTPS) dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit.


Badan Kesehatan Dunia atau WHO serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pun mengeluarkan imbauan mengenai hal yang harus dilakukan dalam mencegah Covid-19 ini dengan CTPS.


Kepala Dinas Kesehatan, Drs. Nuryanuwar, Apt, M.Kes, MM, Jumat (15/10/2021), mengatakan, CTPS dilakukan karena tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas).


"Perilaku yang sangat mudah dilakukan yaitu mencuci tangan. Jangan hanya mencuci tangan ketika mau makan saja. Tapi lakukanlah sesering mungkin. Terlebih saat ini dalam masa pandemi Covid-19. Mencegah penularan virus ini ya dengan CTPS. Virus-virus lain pun bisa hilang dengan CTPS ini," sebutnya.


Tepat hari ini, setiap tanggal 15 Oktober, ditetapkan sebagai tanggal peringatan Global Handwashing Day (Hari Mencuci Tangan Sedunia). Tahun 2021 ini mengangkat tema “Masa Depan di Tangan Kita, Mari Beraksi Bersama untuk Membuat CTPS Nyata Bagi Semua” guna mengingatkan masyarakat global akan pentingnya sanitasi bersih dalam kehidupan sehari-hari. 


Ditimpali Kasi SDK dan Peningkatan Mutu Dinkes, Ns. Mery Febriyen, S.Kep, M.Kes, hari cuci tangan pakai sabun ini adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan PBB sejak tahun 2008. CTPS merupakan perilaku sederhana, namun memiliki dampak luar biasa dalam mencegahan penyakit menular. 


Kampanye CTPS ini semakin gencar dilaksanakan sejak pandemi Covid-19. Virus Covid-19 (SARS CoV-2) bisa berada di mana saja, menempel pada benda-benda yang ada di sekitar kita. CTPS adalah cara yang paling efektif mencegah penularan virus tersebut. CTPS menjadi salah satu perilaku yang harus dipatuhi dan menjadi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 selain memakai masker, dan menjaga jarak. 


#GP | DF | Yuli Guslinda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AL

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS