Bimtek Lingkungan Belajar Berkualitas Satuan Paud Kabupaten Sijunjung berlangsung sukses ditutup Kabid Paud Hendri Nurka,S.Sos.M.Si. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bimtek Lingkungan Belajar Berkualitas Satuan Paud Kabupaten Sijunjung berlangsung sukses ditutup Kabid Paud Hendri Nurka,S.Sos.M.Si.

Sabtu, Agustus 14, 2021

Sijunjung(SUMBAR).GP- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Lingkungan Belajar Berkualitas di Satuan Paud bagi Pusat Kegiatan Gugus di Aula Dinas Pendidikan Muaro  selama 2 hari Jumat dan Sabtu, 13 dan 14 Agustus 2021.
 

Kegiatan Bimtek yang diikuti 24 peserta masing masing Ketua Gugus Paud dalam  Kabupaten Sijunjung itu dibuka secara resmi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Usman Gumanti, S.Pd.MM., Jumat (13/8) 


Ketua Panitia Pelaksana Bimtek yang juga Kasi Kurikulum dan Penilaian Paud Delvianti Basri, SE mengatakan Bimtek Lingkungan belajar berkualitas Satuan Paud  ini mengambil tema  

"Menyonsong Generasi Emas Bangsa melalui Gerakan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas"


Dikatakannya, semua dana kegiatan ini bersumber dari APBN melalui  Dirjen Paud Dikdasmen Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI melalui permohonan  yang kita usulkan.


Delvianti Basri  didampingi  Wiwit Arianita, M.Pd menyebutkan yang menjadi Nara Sumber dalam Bimtek ini adalah,  Kepala Balai Pengembangan ( BP) Paud Propinsi Sumbar Dr.Wisma Endrimon, M.Pd.,  Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung,  Usman Gumanti, S.Pd.MM.,  Kabid.Pembinaan Paud dan PNF Hendri Nurka,S.Sos.M.Si., Dra.Netty Br.Sitepu Widyaprada Ahli Madya BP Paud Sumbar dan  Novrida Mista, S.Pd Kepala TKN 6 Sumpur Kudus.


"Usai mengikuti kegiatan Bimtek,  peserta dipandu untuk membuat rencana  tindak lanjut( RTL)  untuk diterapkan di lapangan menurut kelompok kecamatan masing masing," ujar Delvianti Basri.


Dalam kesempatan Bimtek tersebut, Bunda Paud Kabupaten Sijunjung, Ny.Riry  Benny Dwifa meskipun dalam kondisi sakit menyempatkan diri  hadir dan memberikan motivasi  kepada peserta bimtek.


"Selamat datang Bunda Paud, selamat datang Bunda ku," demikian nyanyian peserta Bimtek tanpa komando, saat Bunda Riry Benny Dwifa memasuki ruangan.


"Walaupun kondisi saya masih sakit, kalau untuk kegiatan guru Paud, saya bisa jadi sehat. Apalagi disambut nyanyian bersama guru Paud," ungkap Bunda Riry Benny Dwifa mengawali sambutannya.


Dalam arahannya Bunda Paud Ny.Riry Benny Dwifa menyampaikan, ada 5 syarat untuk menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas,  pertama membuat Paud yang menarik, sehingga anak bisa senang bermain disana. Sebaiknya lokasi tempat bermainnya anak anak itu diatas rumput. Kalau halaman tempat bermain dengan Paping Blok bisa rawan bagi anak- anak dalam bermain bila terjatuh dan lain sebagainya.


Kedua harus diciptakan rasa nyaman di Sekolah. Ketiga guru harus punya hubungan emosional yang bagus dengan anak anaknya. Keempat jalinan silaturahmi yang erat  dengan orang tua murid. Kelima keamanan anak anak perlu menjadi perhatian utama.


"Selain 5 syarat tersebut,  untuk menciptakan lingkungan belajar berkualitas, tidak hanya dengan sarana prasarana berkualitas semata, tetapi juga ditentukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidik (Tendik) nya," tegas Bunda Riry.


Kepala Bidang Pembinaan Paud dan PNF Hendri Nurka dalam amanatnya pada  penutupan Bimtek, Sabtu (14/8)  mengaturkan terimakasih atas antusiasnya peserta mengikuti Bimtek.


"Dari beberapa kegiatan yang berasal dari APBN,  Bimtek ini lah yang paling semangat dan semarak pelaksanaan, ini merupakan bukti keseriusan guru Paud dalam menggali ilmu pengetahuan," ungkap Hendri Nurka.


"Kedepan kita akan adakan pertemuan dan diskusikan dengan Bunda Paud Nagari, tolong guru Paud dampingi terus Ibuk Wali Nagarinya, berikan masukan dan pemahaman tentang pendidikan Paud ini," harap Hendri Nurka.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS