Ketua TP PKK Kampung Baru Yet Jalnibus : Bundo Kanduang harus jadi pelopor berpakaian alah Minangkabau. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ketua TP PKK Kampung Baru Yet Jalnibus : Bundo Kanduang harus jadi pelopor berpakaian alah Minangkabau.

Minggu, Juli 04, 2021


Sijunjung(SUMBAR).GP- Ketua TP PKK Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan Yet Jalnibus menghimbau agar anggota Bundo Kanduang menjadi pelopor dalam kebiasaan berpakaian alah Minangkabau.


Hal diungkapkan Ketua TP PKK Yet Jalnibus panggilan akrab Hasna Yetti isteri Kades  dalam musyawarah bulanan Bundo Kanduang  di Kantor Desa setempat, Sabtu (3/7) sore kemarin.


Yet Jalnibus yang menjabat Ketua TP PKK Desa Kampung Baru sejak 11 Juni 2021,  dihadapan 43 anggota Bundo Kanduang itu menegaskan, pakaian Minangkabau itu adalah baju kurung basiba, dan tak kalah pentingnya baju kurung  itu mirip marawah ada warna kuning, merah dan hitamnya.


Jadi diharapkan Yet Jalnibus  dalam pemilihan warna pakaian dalam sehari hari disesuaikan dengan kondisi adat kita, saat berduka warnanya hitam, kenduri secara adat warnanya merah dan kegiatan keagamaan bisa warna kuning.


Kepada Desa(Kades) Kampung Baru Jalnibus selaku Pembiba Bundo Kanduang, menyampaikan informasi terkait dengan pendidikan, kesehatan, adat istiadat yang terkait erat dan bersentuhan langsung  dengan kehidupan Bundo kandung.


"Bundo kanduang harus menjadi Bundo yang kuat dan tulang punggung ekonomi disaat Pandemi Covid 19, harus  efektif dan efisien dalam mengelola keuangan," tegas Jalnibus. 


Sedangkan Ketua Bundo Kanduang Kampung Baru Masni mengarahkan kedepan Bundo kanduang akan menggiatkan "pengumpulan  beras picik" untuk kegiatan sosial Bundo kanduang.


Selain itu Masni juga menyampaikan kiranya pembiasaan adat istiadat kita  harus direvisi, jikalau kurang sesuai dengan kondisi saat ini, seperti pembiasaan jamuan makan dan minum, saat penyajian makan bajamba dan lain lainnya.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS