Baznas dengan 5 program unggulan wujudkan kesejahteraan masyarakat. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Baznas dengan 5 program unggulan wujudkan kesejahteraan masyarakat.

Kamis, Juli 08, 2021

                     Oleh : Herman


Sijunjung, (SUMBAR).GP-  Hari Rabu 7 Juli 2021 di Gedung Pancasila Muaro Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir secara simbolis menyerahkan bantuan Sijunjung Peduli dan Sijunjung cerdas Baznas Sijunjung periode pertama tahun anggaran 2021.


Selain dihadiri unsur Forkopimda, OPD kegiatan penyerahan simbolis program Baznas Sijunjung Peduli dan Sijunjung cerdas itu dihadiri seluruh Wali Nagari di Kabupaten Sijunjung.


Diawal sambutannya Bupati Benny mengungkapkan Gerakan Sijunjung Berzakat (GSB) saat ini adalah primadona, karena zakat telah terbukti dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah kesulitan sosial dan ekonomi masyarakat. 


Pendistribusian tahap satu tahun 2021 ini, lebih dari 2700 orang mustahiq penerima manfaat dari usulan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari, Sekolah dan Koordinator Wilayah(Korwil) Pendidikan Kecamatan di Daerah Sijunjung ini.


Gerakan Sijunjung Berzakat demi mewujudkan Sijunjung Cinta Berzakat di lounching  Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati, 4 Mei 2021 dihadiri Pimpinan Lembaga Vertikal, OPD dan BUMN/BUMD daerah ini menjadi  energi baru bagi Baznas Sijunjung untuk lebih eksis mensosialisasikan program Baznas.


Apalagi daerah Sijunjung Langsek Manih saat ini masa transisi dari suasana lama menjadi suasana baru termasuk para Pimpinan serba baru, Bupati dan Wakil Bupati baru, diiringi oleh Pimpinan Lembaga Vertikal serba baru dibarengi pula oleh Pimpinan Baznas Sijunjung yang juga baru.


Momen serba baru dengan semangat baru para pucuk pimpinan mayoritas Vertikal terbilang baru membuat langkah Pengurus Baznas yang juga baru mendapat respon positif dari Kantor, Lembaga, BUMN, BUMD yang dikunjungi.


Sehingga lembaga yang telah selesai  sosialisasi program baznas,  manfaat Zakat bagi muzaki (orang yang berzakat) dan mustahiq (penerima zakat) menurut syar'i serta menyampaikan UU Negara tentang zakat, telah merespon dan  menyalurkan zakat,Infaq, sedekah (ZIS)nya  ke Baznas Sijunjung sejak 2 bulan terakhir.


Dengan bertambahnya jumlah UPZ punya dampak positif, bergerak naik mencapai 200 % dalam pengumpulan ZIS Baznas Sijunjung dibanding target yang tetapkan sebelumnya pada dua bulan terakhir, dan penerimaan semester pertama 2021 ini mencapai 2,5 Miliyar seperti pengakuan Ketua Baznas H.Hidayatullah, LC.MA.


Sesuai aturan Baznas, Pendistribusian dana baznas harus kembali kepada kelompok yang  menkontribusikan (ZIS) ke Baznas, jadi usulan penerima bantuan (mustahiq)  harus melalui UPZ Nagari, Sekolah dan lembaga yang bersangkutan. 


Jadi sangat disayangkan  sekali, bila  suatu Nagari, Sekolah atau  lembaga yang belum  membentuk UPZ dan menyalurkan ZISnya  ke Baznas tentu tidak punya peluang untuk membantu warga masyarakatnya, siswanya atau stafnya, padahal kondisinya sangat membutuhkan bantuan. 


Menurut Ketua Baznas Sijunjung H.Hidayatullah, Lc.MA melalui 5 program Baznas  Sijunjung Peduli, Sehat, Cerdas, Makmur dan Taqwa kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat.


Pada pendistribusian tahap pertama 2021 ini baru 33 UPZ kenagarian yang menerima bantuan Sijunjung Peduli dengan 498 mustahiq dengan total dana Rp149.400.000,- tentu masih ada sekitar 28 Nagari lain belum punya UPZ dan menyalurkan ZIS ke Baznas Sijunjung.


Ditingkat Sekolah Dasar (SD) yang menerima bantuan Sijunjung cerdas saat ini baru 7 Kecamatan yakni  Sumpur Kudus, Koto VII, Kupitan, IV Nagari, Sijunjung, Tanjung Gadang dan Kamang Baru tercatat 1.178 murid dengan jumlah dana yang disalurkan Baznas Rp 294.500.000,-


Penerima Sijunjung cerdas tahap pertama 2021 saat ini tingkat SMP tercatat 768 siswa dengan dananya Rp230.400.000 dari 48 SMP Negeri dan 6 dari MTs Negeri, sedang tingkat SMA sebanyak 76 siswa dengan jumlah dananya Rp26.600.000,- dari SMA 3 unit, SMK 1 unit dan MAN 2 Unit.


Kalau dilihat dari data  pencairan tahap pertama Sijunjung Peduli masih ada 28 Nagari dan Sijunjung Cerdas masih ada beberapa unit SMA, SMK yang belum menyalurkan ZIS nya ke Baznas.


Tentu hal ini harus menjadi perhatian semua pihak dimulai dari Baznas, Pimpinan Nagari, Pimpinan Sekolah termasuk sugesti positif dari para Camat atau OPD terkait agar semua berkontribusi membesarkan Baznas Sijunjung sesuai harapan Benny Dwifa Yuswir.


"Kita secara bersama sama harus membesarkan Baznas ini kedepan," ungkap Bupati muda yang energik saat penyaluran dana Sijunjung Peduli dan Cerdas kemarin.


#GP | Sijunjung | 8 Juli 2021.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS