Wako Fadly Amran Tandatangani MoU dengan BP2MI - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wako Fadly Amran Tandatangani MoU dengan BP2MI

Jumat, Juni 11, 2021


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Disaksikan anggota Komisi IX DPR RI, dr. H. Suir Syam, MKes, MMR, Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano Menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani,  Jumat (11/06/2021) di Jakarta.

MoU mengatur enam kesepakatan yang akan dilaksanakan kedua belah pihak dalam peningkatan kualitas dan perlindungan calon pekerja migran Indonesia (CPMI) dan pekerja migran Indonesia (PMI) yang berasal dari Kota Padang Panjang.


Klausul kerja sama itu, mengatur adanya sinergi dalam pemberantasan sindikasi pengiriman ilegal pekerja migran. Lalu penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi CPMI di Kota Padang Panjang.


“Selain itu, kedua belah pihak bersepakat memfasilitasi pelaksanaan perlindungan CPMI dan PMI. Pemko dan BP2MI bersinergi dalam melaksanakan pelayanan penempatan dan perlindungan CPMI dan PMI,” jelas Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Ewasoska, SH.


Selain empat hal di atas, kata Ewa, BP2MI akan melakukan sosialisasi peluang PMI di negara tujuan penempatan dan adanya koordinasi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


“Hal utama dari jalinan kerja sama ini, kita akan mendapatkan info-info lowongan kerja di luar negeri yang peluangnya bisa dimanfaatkan CPMI dari Padang Panjang. Baik itu dalam bentuk kerja sama government to government (G to G/antar pemerintah-red), business to government (B to G/swasta dengan pemerintah atau sebaliknya-red), maupun business to bussines (B to B/antar swasta-red). Ini peluang besar bagi kita dalam membuka kesempatan kerja bagi warga kota di luar negeri,” papar Ewa.


Sementara itu Wako Fadly mengatakan, dengan keterbatasan lapangan kerja di Padang Panjang, bekerja di luar negeri bisa dijadikan alternatif yang peluangnya justru lebih besar dalam meningkatkan kehidupan ekonomi pencari kerja. “Dengan gaji yang besar, bekerja di luar negeri akan berdampak ke pertumbuhan ekonomi kota dari penghasilan yang dikirimkan pekerja ke kampung halamannya. Para pekerja inilah pahlawan devisa kita,” ucapnya.


Pemerintah Kota, kata Fadly Amran, akan fokus dan upayakan terbukanya peluang-peluang kerja bagi warga Padang Panjang. Masyarakat yang berusia 18-30 tahun, yang memenuhi syarat, harus memanfaatkan peluang ini.


“Kita akan lihat kemampuan keuangan daerah dan mencari sumber-sumber pendanaan lainnya untuk melaksanakan pelatihan bagi CPMI Padang Panjang guna peningkatan kualitas mereka sebelum bekerja di mancanegara,” sebutnya. 


Dalam waktu dekat, anggota DPR RI, Suir Syam menggandeng BP2MI, akan melaksanakan sosialisasi peluang kerja di luar negeri bagi warga kota. Ini sebagai komitmennya untuk turut memfasilitasi peningkatan kualitas calon pekerja migran dan membuka peluang kerja untuk masyarakat di luar negeri.


#GP | DF | MAX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS