Peringati Hari Lahir Pancasila, Masyarakat Diminta Kibarkan Bendera - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Peringati Hari Lahir Pancasila, Masyarakat Diminta Kibarkan Bendera

Senin, Mei 31, 2021


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Pemerintah Kota meminta masyarakat secara serentak mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh pada momen peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila, 1 Juni 2021. Khususnya ditujukan untuk instansi pemerintahan, BUMN dan BUMD. 

Kepala BPBD Kesbangpol melalui Kabid Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Enki Trinanda, S. A. B saat dikonfirmasi, Senin (31/05/2021) mengatakan, Imbauan ini juga sejalan dengan radiogram yang disampaikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).


"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Padang Panjang mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh. Khususnya instansi vertikal, BUMN dan BUMD yang ada di Kota Padang Panjang," ujar Enki.


Kalau tidak banyak kegiatan, Enki juga mengajak masyarakat untuk mengikuti pelaksanaan upacara peringatan Harlah Pancasila secara virtual yang digelar terpusat dari Gedung Pancasila, Jakarta Pusat. Upacara ini akan dihadiri Presiden Jokowi dan akan disiarkan langsung melalui stasiun TV swasta.


Untuk perhelatan upacara di Kota Padang Panjang, kata Enki, awalnya akan digelar upacara secara langsung di lapangan. Namun sebagaimana surat edaran terbaru dari BPIP, di daerah tidak dilaksanakan upacara. Namun tiap daerah di Indonesia wajib mengikuti kegiatan pelaksanaan upacara melalui zoom meeting. Hal ini mengingat kasus Covid-19 yang akhir-akhir ini mengalami lonjakan. 


“Untuk Padang Panjang pelaksanaannya akan kita pusatkan di ruangan VIP Balaikota dan dihadiri kepala daerah serta Forkopimda inti. Untuk pakaiannya, nanti Pak Wali akan memakai pakaian adat. Hal ini sebagai wujud keberagaman Indonesia dan menunjukkan bahwa Indonesia memiliki beragam kekayaan budaya," ujarnya.


Kepada generasi muda (milenial), Enki meminta untuk dapat kembali membumikan nilai-nilai Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. “Membudayakan nilai Pancasila kepada generasi milenial sangat penting. Karena generasi muda ini yang akan mewarisi bangsa dan negara di masa depan. Untuk itu kami mengimbau khususnya generasi muda untuk selalu mematuhi nilai dan norma. Anak muda harus dapat memahami arti Pancasila tersebut,” ucapnya.


Enki menilai, sebagai bangsa Indonesia, Pancasila merupakan dasar negara serta pandangan hidup negara, sekaligus menjadi falsafah hidup. “Saya harap ke depannya semua warga dapat terus meningkatkan dan menjalankan apa yang menjadi pandangan dan filsafat hidup negara. Sehingga tidak akan ada lagi konflik karena berbeda pandangan,” pungkasnya.


#GP | DF | KI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS