Nagari Palaluar dan Fakultas Peternakan Unand Padang kembangkan ternak kambing untuk tingkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

adnow



Nagari Palaluar dan Fakultas Peternakan Unand Padang kembangkan ternak kambing untuk tingkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Senin, Mei 31, 2021


Sijunjung (SUMBAR).GP- Pemimpin yang berkeinginan besar dan ambisi dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya, selalu kreatif dan aktif mencari terobosan dan  inovasi baru sesuai potensi alam di nagarinya. 
 

Seperti yang dilalsanakan Ebid Diana Putra Wali Nagari Palaluar, Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung, mulai tahun ini akan menggiatkan  pengembangan  ternak kambing bagi masyarakatnya.


"Kegiatan pengembangan ternak kambing tersebut dilaksanakan selaligus dalam  memberdayakan Bumnag Mitra Palaluar Madani sedangkan pengelolaan dan pembinaannya, kita  bekerjasama dengan Fakultas Peternakan Unand Padang", ungkap Ebid Diana Putra kepada media ini, Senin(31/5) 


Lebih lanjut, Ebid mengatakan tahun anggaran 2021 ini, kita alokasikan dana DD nagari sejumlah Rp200 juta untuk Bumnag "Mitra Palaluar Madani" untuk  menjadi modal dalam pengembangan peternakan kambing tersebut.


"Nanti Bumnag Mitra Palaluar Madani  menyediakan bibit ternak kambing yang akan diserahkan kepada  masyarakat sesuai dengan kondisi muatan kandang yang dibuat masyarakat tersebut," ujar Ebid.


Menurut Ebid Diana Putra yang sehari hari membawa motto dalam menjalankan tugasnya  "Pelayan Masyarakat" harus selalu semangat,  tidak boleh lelah  dalam memotivasi masyarakat sampai terwujud visi Nagari Palaluar yaitu  "Terwujudnya Masyarakat Sejahtera yang Madani, inovatif, regelius dan Berbudaya"  


Demi lancarnya usaha pengembangan ternak kambing itu, kita telah tanda tangani "Kerjasama Pengembangan Peternakan" dengan Dekan Fakultas Peternakan Unand Padang.


"Alhamdulillah, Bapak Dr.Ir.Adrizal, M.Si Dekan Fakultas Peternakan Unand Padang optimistis untuk bersama-sama dengan kita dalam melakukan usaha pengembangan peternakan kambing ini," ujarnya.


Tokoh masyarakat Nagari Palaluar yang juga mantan pejabat birokrat Kabupaten Dharmasraya Syahril Syahda, SH menilai sepak terjang  Ebid Diana Putra,  Wali Nagari Palaluar  muda ini punya semangat yang tinggi untuk membanngun nagarinya Palaluar.


Dia punya keinginan besar mengangkat nama baik Nagari Palaluar di Kabupaten Sijunjung maupun di Propinsi Sumbar dalam segala lini kegiatan pembangunan.


Dalam mengantisipasi penyebaran covid-19 yang sedang mewabah, dia menggandeng tim Banser NU untuk menyemprotkan racun pembunuh covid-19 keliling Nagari Palaluar ini.


Sebagai pengawasan keuangan Nagari, terutama dalam penyaluran bantuan tunai kepada masyarakat terdampak covid-19 Pemerintahan Nagari Palaluar yang dipimpin Ebid melakukan kerjasama dengan Kajari Sijunjung.


Terakhir ini Ebid lagi membuat kerjasama dengan Dekan Fakultas Peternakan Unand Padang dalam hal pengembangan peternakan kambing bagi masyarakatnya.


"Kita harap masyarakat Nagari Palaluar memahami semangat membangun Wali Nagari muda ini, dengan memberikan dukungan penuh terhadap programnya yang selalu berorientasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tutup Syahril Syahda tokoh masyarakat setempat.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS