GSB Kamang Baru Edisi 171 dipusat kan di UPT Padang Tarok nun jauh dipelosok Kamang Baru. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

DPD RI

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti & Ketua Komite 1 DPD RI, Pak Fachrul Razi, Mengucapak "Salam Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Minal Aidin Aalfaizin Mohon Maaf Lahir dan Batin"

GSB Kamang Baru Edisi 171 dipusat kan di UPT Padang Tarok nun jauh dipelosok Kamang Baru.

Senin, Mei 03, 2021

Sijunjung(SUMBAR).GP- Gerakan  Subuh Berjamaah (GSB) yang digagas oleh para Penyuluh, Mubaligh dan Pengurus Masjid Kecamatan Kamang Baru kini mulai bergerak kembali, setelah  1 tahun istirahat karena wabah covid-19. 
 

Kegiatan  ini bertujuan untuk mengetuk hati masyarakat agar  gemar melaksanakan shalat subuh berjama’ah di masjid sesuai dengan perintah Allah dan RasulNya, Ahad (2/5) dilaksanakan jauh dipelosok Kecamatan Kamang Baru tepatnya di Unit Pemukiman transmigrasi (UPT) Padang Tarok


Menurut Emriadi PAF Kamang Baru mengatakan, Masjid Jami’ Al-Muhajirin adalah 1 dari 49 masjid yang ada Kecamatan Kamang Baru,  terletak nun jauh di pelosok menjadi pusat kegiatan  (GSB) edisi 171 tahun 2021 dengan rombongan 34 orang dari Pusat Kecamatan.


Sesuai  skedul,  Sabtu, 1 Mei  2021 Pukul 15.00 wib  rombongan terdiri dari Penyuluh Agama Non PNS, Pendiri dan penggiat GSB itu  Parizal Dt.Pucuak, Drs.Heranto Muhklis,S.Hi , Irka Isurman dan para tokoh dan dermawan lainya dipimpin Ketua GSB Mudsarlis,S.Pd. Berangkat  dari KUA Kecamatan Kamang Baru, tepat pukul 15.00  berangkat  menuju Transmigrasi Padang Tarok dan sampai pukul 17.30.   Rombongan  disambut dengan rasa gembira oleh  warga Transmigrasi  yang telah menunggu sejak pukul 17.00 wib.


Diawali berbuka puasa bersama  dengan seluruh  warga Transmigrasi di Gedung Pertemuan setempat diwarnai rasa  penuh  keakraban antara rombongan GSB yang datang dengan warga setempat.


Dalam kegiatan ini pengurus GSB menurunkan dua  Tim Safari Ramdhan  untuk masjid Jamia’ Al Muhajirin Blok A dan Mushallah Iklas Blok C  yang diantar jemput  oleh mobil yang telah disediakan Dinas Nakertrans Kabupaten Sijunjung.


Sedangkan tempat beristirahat bagi rombongan “GSB” Ka.UPT Darman menyediakan  tiga lokasi yakni  di Blok C, Balai Pertemuan dan di  Blok A .


Sebelum Jam 03.30 Ahad (2/5) sebahagian jamaah “GSB” Warga dan rombongan telah berkumpul kembali di Balai pertemuan untuk melaksanakan sahur bersama, dengan menu khas transmigsasi ditambah  sayur pucuk ubi di campur petai.

 

Selesai sahur bersama,  dilanjutkan dengan kegiatan Gerakan Subuh Berjamaah(GSB) edisi ke 171 shalat subuh berjamaah di imami oleh Ustadz H.Hendri Susanto,LC  dihadiri  seluruh warga Transmigrasi membuat Masjid Jami' Al Muhajirin penuh sesak, sehingga jamaah melimpah sampai keluar masjid.


Tausiyah yang di pandu Penyuluh Agama Fungsional (PAF)  Emriadi,S.Ag dengan pemberi tausiah Ketua DPD PKS Sijunjung  Ustadz .H .Hendri Susanto.Lc menyampaikan beberapa kisah tentang perjuangan da’wah nabi dan  para sahabat yang jauh beresiko dari da’wah kita saat ini.


UHS panggilan akrabnya Ustadz Hendri Susanto,  mengajak jamaah untuk  melaksanakan amar makruf nahi mungkar  dan  memperbanyak Istighfar dan berdoa.


"Karena dengan Istighfar dan doa itulah salah satu usaha kita agar wabah Cocid.19 lenyap dari negeri kita," tegas UHS .



Pendiri dan penggiat GSB Kamang Baru Drs.Heranto Kemudian dalam sambutanya,  menyampaikan terimakasih kepada para ninik mamak, pemerintah, para tokoh dan dermawan yang telah mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di kecamatan Kamang Baru termasuk kegitan “GSB” di UPT Padang Tarok ini.


Sedangkan Kabid Transmigrasi Nakertrans Kabupaten Sijunjung  Bapak Joko,  menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Agama dan Pengurus “GSB” yang selalu memperhatikan dan membantu warga trsansmigrasi dan menyampaikan berbagai program Nakertrans kedepannya.


Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Muhklis,S.Hi,  dalam arahannya menghimbau kepada warga untuk tetap bertahan walaupun situasi sedang sulit,  karena di ujung ihktiar  pasti Allah akan berikan yang terbaik untuk kita semua.


Lebih lanjut Politisi PPP itu,  menekankan untuk selalu menjaga kebersamaan dan kekompakan, jika  ada masalah-masalah antar warga  segera diselesaikan dengan baik.


Seperti biasanya  setiap akhir kegiatan pengurus” GSB” selalu memberikan cinderamata kepada masjid atau mushalla yang dikunjungi. Cenderamata yang dibawa Pengurus (GSB) kali ini berbeda dari yang biasa karena  disesuaikan dengan kondisi di Transmigrasi.  Diantaranya 1 Buah Etalase tempat Al-Quran dan buku-buku, 3 buah Jam dinding, dan perlengkapan shalat ditambah uang tunai  Rp.500.000 berupa Sadakah Muhklis,S.H.I Ketua Fraksi PPP DPRD Sijunjung.


Usai rangkaian Kegiatan “GSB” rombongan melanjutkan safari da’wah ke RA Yayasan Al-Hidayah yang diresmikan Kakankemenag Sijunjug  beberapa waktu yang lalu di Blok D UPT setempat dan mengunjungi beberapa rumah warga  dalam mempererat silaturrahmi, jelas PAF Emriadi, S.Ag.


#GP- Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS