Makam Tuanku Nan Renceh mengalami rusak akibat tertimpa pohon tumbang - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

loading...


Selasa, April 06, 2021

Makam Tuanku Nan Renceh mengalami rusak akibat tertimpa pohon tumbang



Agam(SUMBAR).GP – Pembersihan material pohon tumbang yang menimpa situs cagar budaya Makam Pahlawan Tuanku Nan Renceh beberapa hari lalu, di Jorong Bansa, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, dilanjutkan, Selasa (6/4).


Camat Kamang Magek, Rio Eka Putra , mengatakan, sebelumnya pembersihan ini sudah dilakukan 2 April 2021. Akibat berbagai kendala yang ditemukan di lokasi, maka pembersihan jadi terhenti.


Hari ini pembersihan kembali dilakukan dengan melibatkan warga, Balai Cagar Budaya, BPBD Agam, Satpol PP-Damkar Agam, serta satu unit alat berat jenis bekuloder,” ujarnya.


Dikatakannya, pohon tumbang yang menimpa komplek makam pahlawan Perang Paderi berlokasi di Jorong Bansa, Nagari Kamang Mudiak itu terjadi, Kamis (1/4), dampak angin kencang melanda wilayah tersebut.


Pohon beringin yang berdiameter cukup besar itu dipotong dan dikeluarkan menggunakan alat berat,” sebutnya.


Mengingat pohon yang cukup besar, jika pembersihan material tidak selesai hari ini, setidaknya batang pohon sudah terpotong-potong supaya pihaknya bisa dengan mudah membawa material keluar dari lokasi itu.


Sesuai arahan, Balai Cagar Budaya, kata camat, fasilitas di situs cagar budaya yang rusak dibongkar karena akan diperbaiki.


Kita sudah dibayangkan oleh Balai Cagar Budaya akan ada perbaikan terhadap fasilitas yang rusak, tapi kapan pelaksanaannya kita belum tahu. Kita akan coba berdiskusi dengan Balai Cagar Budaya terkait hal ini, jelasnya.


# GP | Ap Kari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS