Heni Lasfino, S.Pd : Ujian Sekolah (US) diserahkan ke sekolah memotivasi guru bekerja lebih fokus. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

loading...


Kamis, April 08, 2021

Heni Lasfino, S.Pd : Ujian Sekolah (US) diserahkan ke sekolah memotivasi guru bekerja lebih fokus.

 


Sijunjung(SUMBAR).GP- Ujian pada setiap jenjang pendidikan tahun ini diserahkan secara penuh ke Satuan Pendidikan  masing masing. Hal ini positif sekali memotivasi guru untuk lebih fokus  bekerja.


Ini pengalaman pertama bagi kami di SDN 34 Kamang, Kecamatan Kamang Baru, ungkap Kepala SDN 34 Kamang Heni Lasfino, S.Pd menjawab pertanyaan tentang pelaksanaan Ujian Sekolah di SD tersebut, Kamis (8/4).


Heni Lasfino melanjutkan, biasanya kami bergabung ujian ke SDN 

33 Kamang di Timpeh VI dan pengawasan ruangannya pun guru yang dari kelompok gugus lainnya.


Kini jumlah siswa kelas 6 tahun ini ada 21 org,  dibagi menjadi dua ruang ujian, soal ujian dibuat Tim Pembuat Soal Kecamatan yang terdiri dari guru perwakilan sekolah yang mampu dan pilihan, hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas soal US. 


Pengawas ruang dan panitia ujian dilaksanakan oleh guru yang ada disekolah sendiri, sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah.


Menurut Heni panggilan akrab Heni Lasfino dari komentar guru tentang pelaksanaan ujian saat ini mempunyai dampak positif, pertama guru dapat membuat soal sesuai dengan yang diajarkan berdasarkan buku atau bahan ajar sumber materi yang ada disekolah. 


Guru jadi termotivasi untuk mencapai target yang direncanakan dari awal sehingga fokus,  artinya bahan ujian betul betul sesuai dengan  yang diajarkan dari buku ajar yang mereka gunakan.



Sisi  kelemahannya, akan mudah terjadi kecurangan pendataan ketercapaian indikator karna hanya tuhan yang mengawasi keterlaksanaan dan hasil ujian.



Bagi sekolah yang tidak hanya formalitas belaka, bisa saja mensetting nilai siswa sesuai kebutuhan mereka. Tidak ada jaminan hasil ujian itu murni. 

Sekolah yang jujur bisa saja nilainya akan rendah.



Namun kami dari  SD 34 Kamang bertekad untuk melaksanakan US ini sejujur mungkin, dan  melaksanakan tugas sebaik mungkin dalam  menghalalkan gaji yang diterima. 


Maksudnya diserahkan sedemikan rupa,  tanpa ada pengawasan dan indikator yang tepat untuk  meluluskan siswa, maka bisa saja sekolah sekolah tertentu tidak melaksanakan tahapan lulusan siswa, tapi nilai nya ada.


Terkadang Heni cemas katanya meluluskan siswa jika hanya mengandalkan nilai sikap, jika kemampuan dasar membaca dan berhitungnya tidak tuntas. 


"Nah, untuk hal ini SDN 34  kemaren lebih memfokuskan pada kemampuan dasar matematika, dan membaca pemahaman, kasihan kita dengan  guru SMP  jika kemampuan dasar ini tidak tuntas di SD," ujar Heni.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS