Bupati Sijunjung Benni Dwifa Yuswir monitor Pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari Sijunjung ke Palangki. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

loading...


Rabu, April 07, 2021

Bupati Sijunjung Benni Dwifa Yuswir monitor Pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari Sijunjung ke Palangki.

  


Sijunjung(SUMBAR).GP- Sebanyak 16 Nagari yang tersebar pada tujuh kecamatan di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, pada 7 April 2021 hari menggelar pesta demokrasi Pemilihan Walinagari (Pilwana) serentak.
 

Bupati Sijunjung Benni Dwifa Yuswir usai membuka secara resmi Konsultasi Publik Penyusunan Awal RPJMD di Gedung Pancasila, terus meluncur ke Nagari Palangki Kecamatan IV Nagari guna memonitor Pelaksanaan Pilwana tersebut.


Pada saat monitor di Kantor Wali Nagari Palangki tersebut, Bupati Benni Dwifa Yuswir sempat melakukan Vedio Converse( Vedcon) dengan Pejabat  Kemendes bersama Forkopimda, Sekdakab, Kepala DMPN Sijunjung, Khamsiardi, SSTP, M.Si dan Wali Nagari Palangki.


Dalam Vedcon tersebut Bupati Benni  menyebutkan total calon Wali Nagari dalam Pilwana serentak Kabupaten Sijunjung  tahun 2021, hari ini berjumlah 76 orang dari 15 Nagari dan 1 Desa dari  7 kecamatan, kecuali Kecamatan Sijunjung 


Pelaksanaan Pilwana tersebut dilakukan pada 99 Tempat Pemungutan Suara (TPS) oleh pemilih tetap 31.062 orang yang tersebar pada 15 Nagari, 1 Desa. 


Bupati Benni, juga menyebutkan sampai saat ini terdapat 1 orang pemilih yang terkonfirmasi covid-19 berada di Nagari Pamuatan. Pemilih yang terkonfirmasi positif tersebut tetap diberikan hak pilihnya dengan cara petugas medis mendatangi kediaman pemilih tersebut bersama petugas keamanan dan KPPS.


Kemudian selanjutnya,  pemilih itu  menggunakan hak pilihnya, dan petugas yang mendampingi wajib menjaga kerahasian pilihan yang bersangkutan.


Dikatakannya, pada setiap TPS dilakukan pengaman oleh anggota TNI dan Polri untuk menjaga ketertiban, keamanan dari pelaksanaan pemungutan suara.


Kita semua berharap, kata Benni pemilihan Wali Nagari dapat berjalan aman dari gangguan konvensional dan aman dari media penularan covid-19, sekaligus membangkitkan gerakan kesiapsiagaan nagari terhadap covid-19 dengan calon  Wali Nagari mewakili mindset yang sama yaitu menanggulangi covid-19 di wilayah masing masing agar bebas dari covid-19.  


Diawal sambutannya Benni mengatakan Pemilihan Wali Nagari serentak tahun 2021 ini didasarkan pada Peraturan Daerah (Perda) Sijunjung nomor 5 tahun 2017 tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Wali Nagari serta telah dilakukan penyesuaian dengan aturan penerapan protokol kesehatan covid-19.


Sebelumnya ada 5 Nagari yang bakal calon wali nagarinya lebih dari 5 orang. Sesuai Perda tersebut untuk 5 nagari tersebut dilalsanakan seleksi tambahan kerjasama Panitia Pemilihan Kabupaten Sijunjung dengan Labor Administrasi Publik (LAP) Universitas Andalas Padang dengan ujian tulis diikuti 37 orang dan dinyatakan lulus 25 orang dan  dinyatakan menjadi Calon Wali Nagari.


Dari  sumber DPMN Pilwana serentak tersebut, untuk Kecamatan Sumpur Kudus  Nagari Tanjung Bonai Aur. Kecamatan Koto VII  Nagari Tanjung dan Nagari Padang Laweh. Kecamatan Kupitan Nagari Pamuatan, Nagari Batu Manjulur dan Desa Kampung Baru.  Kecamatan IV Nagari  yaitu Nagari Palangki.


Sedangkan Kecamatan Lubuk Tarok  Pilwana tersebut di Nagari Kampung Dalam, Latang dan Silongo. Kecamatan Tanjung Gadang  Nagari Sibakur. Pada  Kecamatan Kamang Baru di Nagari Sungai Batuang, Nagari Padang Tarok, Tanjung Kaliang, Lubuk Tarantang dan Siaur.



#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS