Bupati Sijunjung Benni Dwifa Yuswir buka Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Sijunjung tahun 2021-2026 - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

loading...


Rabu, April 07, 2021

Bupati Sijunjung Benni Dwifa Yuswir buka Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Sijunjung tahun 2021-2026


Sijunjung (SUMBAR).GP- Bupati Sijunjung Benni Dwifa Yuswir membuka secara resmi Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Sijunjung 2021-2026 di Gedung Pancasila Muaro, Rabu (7/4).-


Kegiatan pembukaan Konsultasi Publik itu dihadiri Wakil Bupati, Sekdakab, unsur Forkopimda, Asisten, Staff Ahli Kepala OPD, Para Ketua Lembaga Kemasyarakatan, Ketua Organisasi Pemuda, Perguruan Tinggi dan undangan lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan.


Diawali dengan Laporan Ketua Panitia Yuni Elviza, MT diwakili Kepala Bidang (Kabid) PPM Bapppeda Sijunjung Harry Oscar Hidayat, M.Si menyampaikan latar belakang, tujuan kegiatan dan mekanisme pelaksanaan  berkaitan dengan  Konsultasi Publik tersebut. 


Bupati Benni Dwifa Yuswir dalam pengarahannya sebelum membuka secara resmi Konsultasi Publik mengapresiasi kehadiran peserta dengan harapan dapat memberikan sumbangan pemikiran sehingga dapat menghasilkan dokumen resmi RPJMD yang berujung pada kesejahteraan masyarakat Sijunjung.


Pada kesempatan tersebut, Benni juga mengapresiasi masyarakat Sijunjung atas terlaksananya Pilkada dengan sukses dan aman berkat partisipasi semua komponen daerah ini. Selanjutnya marilah segera menyatukan tekad dan langkah untuk bersama sama mewujudkan visi Kabupaten Sijunjung 2021-2026 

yaitu "Kabupaten Sijunjung Yang Sejahtera, Unggul dan Berbudaya Menuju Masyarakat Madani".


Dalam Penyusunan RPJMD Kabupaten Sijunjung ini, Benni meminta untuk menjadi perhatian kita semua terhadap 4 hal sebagai berikut;

Pertama, seluruh perangkat daerah agar dapat menjabarkan visi dan misi Kabupaten Sijunjung dengan sebaik- baiknya, dengan cara menyusun sasaran SKPD, program perioritas beserta indikator kinerjanya yang terukur dan tersedia data yang relevan dan terkait langsung dengan pencapaian visi misi serta dalam rangka penyelesaian masalah lainnya.


Kedua, adanya perubahan pradigma pembangunan dari money follow funation menjadi money follow program benar benar dilakukan. Jangan sampai program kegiatan yang direncanakan tidak berorientasi pada perioritas untuk mencapai tujuan pembangunan. Jangan hanya konsep pemerataan pendanaan semua demi  tugas dan fungsi kelembagaan SKPD.


Ketiga, rasionalisasi program kegiatan yang secara nomenklatur tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat bagi rakyat untuk benar benar dilakukan. Keempat, simultan dengan Penyusunan RPJMD di masing masing SKPD juga berproses untuk Penyusunan Renstra SKPD mengacu pada RPJMD Kabupaten Sijunjung ini.


Dikatakan, nantinya untuk mewujudkan visi tersebut akan ditempuh melalui 4 misi yang telah disusun sedemikian rupa diantaranya meningkatkan pelayanan publik, meningkatkan daya saing ekonomi daerah, meningkatkan kualitas SDM yang cerdas, sehat dan produktif dan meningkatkan kualitas infrastruktur.


Usai dibuka secara resmi dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Nara sumber dari Propinsi Sumbar dan Kabupaten Sijunjung demi terwujudnya dokumen RPJMD tersebut.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS