Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Bambang Surya Irwan : Ada empat pokok pikiran DPRD Sijunjung dalam Musrenbang RKPD 2022. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

loading...


Rabu, Maret 31, 2021

Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Bambang Surya Irwan : Ada empat pokok pikiran DPRD Sijunjung dalam Musrenbang RKPD 2022.

 


Sijunjung(SUMBAR).GP- Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Bambang Surya Irwan, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Sijunjung yang telah melakukan recofusing anggaran tahun 2020 dan 2021  untuk penanganan covid-19 sesuai arahan pemerintah pusat dan menyambut baik terlaksana kegiatan Musrenbang Kabupaten Sijunjung saat ini.

 

Hal itu disampaikan Bambang Surya Irwan dalam memberikan kata sambutan pada acara Musrenbang RKPD tahun 2022 Kabupaten Sijunjung di Gedung Pancasila, Muaro, Rabu (31/3).


Menurut Bambang penjaringan aspirasi masyarakat, merupakan proses awal dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dilakukan secara bertahap melalui forum musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang secara partisipatif dilakukan mulai dari tingkat kecamatan, forum konsultasi publik, forum OPD yang selanjutnya diformulasikan melalui forum Musrenbang kabupaten sebagaimana juga diatur dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017.


Posisi DPRD dalam konteks Musrenbang ini lanjut Bambang adalah menyampaikan aspirasi yang masuk ke DPRD baik melalui kegiatan reses, maupun kegiatan kegiatan lainnya dalam bentuk penyampaian pokok pokok pikiran DPRD.


 Pokok pokok pikiran ini merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 pasal 54 huruf a. Pokok pokok pikiran DPRD telah diparipurnakan dan disampaikan ke Bapppeda Kabupaten Sijunjung sebagai acuan dan pertimbangan Pemda dalam merumuskan program kerja tahun 2022.


Dikatakan Bambang secara umum ada empat pokok pokok pikiran DPRD yang telah disampaikan itu mencakup, pertama bidang sosial budaya yaitu peningkatan fasilitas kesehatan yang merupakan hak azasi manusia yang wajib dipenuhi oleh pemerintah dan kegiatan kegiatan seni budaya masyarakat.


 Kedua bidang infrastruktur; perbaikan berbagai fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat. Ketersediaan infrastruktur yang memadai dan berkualitas akan lebih mempercepat proses pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, terutama dapat menghubungkan sentra produksi perdagangan.


Ketiga bidang ekonomi; pengembangan dan pembinaan kepada seluruh UMKM dan industri rumah tangga serta kelompok kelompok lainnya yang ada di nagari. Keempat  bidang pemerintah; peningkatan kualitas aparatur dengan memberikan pembinaan dan pelatihan sehingga menghasilkan SDM yang memiliki disiplin dan profesional dalam menjalankan tugas dan jabatannya.


Pokok pokok pikiran DPRD juga diselaraskan dengan sasaran dan prioritas pembangunan serta kapasitas anggaran 2022 nantinya.


Pada saat pelaksanaan Musrenbang ini perlu dilakukan penajaman prioritas program dan kegiatan yang akan kita lakukan pada tahun 2022 yang juga merupakan tahun pertama RPJMD Kabupaten Sijunjung 2021-2026.


Untuk itu kata Bambang, perlu adanya skala prioritas pembangunan tahun 2022 yang mencakup peningkatan kualitas pelayanan publik yang efektif, efesien dan responsif berbasis reformasi birokrasi, peningkatan daya saing ekonomi kerakyatan dan pariwisata, peningkatan kualitas SDM yang cerdas, sehat dan produktif berbasis teknologi dalam tatanan ABS-SBK serta kualitas infrastruktur dan prasarana dasar serta pemanfaatan sumber daya alam berwawasan lingkungan.


Musrenbang ini juga dihadiri beberapa orang yang mewakili Kepala Dinas Propinsi Sumbar, Sekda, Kepala OPD, Forkompinda, Ketua organisasi kemasyarakatan dan pimpinan BUMN dan BUMD di Kabupaten Sijunjung.


Selain Ketua DPRD Sijunjung sebelum peresmian oleh Bupati Benni Dwifa Yuswir disampaikan laporan Kepala Bapppeda Sijunjung dan pemaparan strategi pembangunan propinsi Sumatera Barat oleh pejabat Bappeda Sumbar secara virtual.


Musrenbang sesudah istirahat, sholat dan makan (isoma) siang dilanjutkan dengan Sidang Kelompok A, B dan C dalam pleno kedua. Kelompok A bidang Pemerintahan dan Pembangunan manusia, Kelompok B bidang Perekonomian dan kelompok C bidang Infrastruktur dan Kewilayahan.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS