Kemenag Sijunjung utus tiga madrasah dalam penguatan lomba karya ilmiah remaja dari LIPI Di MAN IC Padang Pariaman - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

loading...


Selasa, Maret 09, 2021

Kemenag Sijunjung utus tiga madrasah dalam penguatan lomba karya ilmiah remaja dari LIPI Di MAN IC Padang Pariaman

 




Sijunjung(SUMBAR).GP- Kegiatan penguatan lomba karya ilmiah remaja dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Sumbar digelar pada Minggu (7/3)  berjalan sukses penuh antusias diikuti seluruh peserta  dari berbagai kabupaten dan kota. 
 
 

Hendrisakti Oktavianus S.Pd. M.Pd Kepala MAN IC Padang Pariaman menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai motivasi para siswa dan juga guru-guru yang dinobatkan sebagai Madrasah riset terutama agar semangat dalam melakukan penelitian juga  melahirkan peneliti muda yang kreatif dan inovatif.


Acara dihadiri seluruh Pembina dan juga guru madrasah dari berbagai kabupaten/kota. Serta didatangkan pemateri utama dari LIPI Aliansyah Abdurrahim, SP. M.Sc. 


Kabupaten Sijunjung tidak ketinggalan, juga mengambil peran dalam acara tersebut, sesuai SK Madrasah riset ada 3 madrasah yang hadir MTsN 6 Sijunjung, MTsN 1 Sijunjung dan MAN 1 Sijunjung.


Dari MTsN 6 Sijunjung Evi Endah Saputri sebagai pembina dan satu orang siswa. Ismiati Irzain  sebagai pembina serta 1 orang siswa dari MTSN 1 Sijunjung dan Fauzia Rahmi sebagai pembina serta 2 orang siswa dari MAN 1 Sijunjung. 


"Kita berharap setelah acara ini siswa dan juga para guru mampu mengasah kemampuan analisisnya dalam menciptakan penelitian sederhana yang menimbulkan manfaat banyak untuk diri sendiri dan juga para masyarakat yang ada di sekitarnya," ujar Aliansyah dalam materinya


Aliansyah menambahkan, riset itu banyak macamnya bukan hanya IPA IPS tapi juga ada humaniora kelautan dan kebumian yang kebermanfaatannya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,   contohnya sederhana seperti pembuatan mesin pengupas bawang putih dari  dinamo mesin jahit. Sederhana mudah dicari tapi bermanfaat sekali bagi yang menggunakan.


"Semoga dari berbagai kegiatan pelatihan karya ilmiah ini timbul motivasi siswa untuk berkompetisi dan muncul peneliti muda yang kreatif dan inovatif siap bersaing di kancah nasional terutama Madrasah riset yang sudah di SK kan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia," ujar Aliansyah menyemangati


#GP | E2S


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS