DPP Padang Panjang Bekerjasama dengan TP-PKK Kota Selenggarakan Lomba Masak Serba Ikan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

DPP Padang Panjang Bekerjasama dengan TP-PKK Kota Selenggarakan Lomba Masak Serba Ikan

Senin, Maret 29, 2021



Padang Panjang(SUMBAR).GP- Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Pangan dan Pertanian (DPP) Bekerjasama dengan TP- PKK Kota menyelenggarakan Lomba Masak Serba Ikan di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Senin (29/03/2021), diikuti peserta dari kader PKK kelurahan se-Kota Padang Panjang.

Dalam sambutannya, Kepala DPP, Ade Nefrita Anas, SP mengatakan, lomba ini merupakan yang pertama kalinya dalam rangka mengkampanyekan gerakan mengonsumsi ikan atau gemar makan ikan,  setelah sempat ditunda pelaksanaannya akibat pandemi Covid-19.


"Ikan merupakan bahan makanan yang harus dipertahankan karena mengandung banyak manfaat, terutama dalam meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak. Selain itu, menu masakan ikan juga dapat menjaga kesehatan masyarakat dalam mencegah stunting pada anak," katanya.


Ditambahkan Ade, lomba juga diadakan untuk meningkatkan keterampilan memasak bahan baku ikan, menganekaragamkan dan memanfaatkan potensi berbahan dasar ikan.


“Menu yang dilombakan sebanyak tiga kategori, yaitu menu keluarga, menu kudapan dan balita,” jelasnya.


Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp. JP saat membuka acara tersebut mengatakan, ikan merupakan sumber protein hewani yang mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh, terutama pada anak-anak di masa pertumbuhan atau 1.000 hari pertama kehidupan. 


"Selain sumber protein yang murah, ikan mengandung asam amino lemak esensial, omega 3, omega 6, omega 9 yang bermanfaat untuk pertumbuhan sel-sel otak. Mineral yodium, fosfor, zat besi dan kalsium bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada anak. Untuk itu penting meningkatkan gemar makan ikan di Kota Padang Panjang agar bebas dari stunting," terangnya. 


Lebih lanjut Dokter Dian mengatakan, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak lebih pendek daripada usianya. Stunting disebabkan oleh faktor multidimensi yang penanganannya dilakukan oleh multi sektor. 


"Penyebabnya antara lain, praktik pengasuhan yang tidak baik, terbatasnya pelayanan kesehatan dan kurangnya akses makanan bergizi, serta kurangnya akses air bersih dan sanitasi," paparnya.


Menurut Dian, tim penggerak PKK dari tingkat kota sampai kelurahan, memegang peran penting dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mencegah stunting dengan memahami betapa pentingnya makan ikan sebagai asupan gizi anak. 


"Untuk mendorong tingkat konsumsi ikan, TP-PKK perlu dibekali dengan keterampilan dan keahlian, sehingga menjadi leader dalam membentuk generasi sehat, kuat dan cerdas dalam menghadapi tantangan ke depan," ujarnya.


Dalam acara lomba tersebut, Dian juga mengimbau masyarakat untuk gemar makan ikan. 


#GP | DF | KI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS