Bupati Yuswir Arifin lepaskan balon tandai Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Gambok. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bupati Yuswir Arifin lepaskan balon tandai Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Gambok.

Rabu, Februari 03, 2021

 


Sijunjung(SUMBAR).GP- Bertempat di halaman Puskesmas Gombok, Kecamatan Sijunjung Bupati Drs.Yuswir Arifin, MM. Dt.Indo Marajo melepas sejumlah balon ke udara, teriring harapan dan doa  lenyapnya Corona dari Kabupaten Sijunjung menandai pencanangan vaksinasi covid-19, Rabu (3/2).

 

Sebelum menyampaikan sambutan pada  pencanangan vaksinasi covid-19 tersebut, Bupati berkenan menyerahkan bantuan mobil Ambulance kepada pimpinan Puskesmas Sijunjung dan Puskesmas Aie Amo.


Kegiatan penyerahan mobil ambulance dan Pencangan vaksinasi covid-19 itu dihadiri Forkopimda, Sekdakab Zepnihan,AP.M.Si.,  Wakil Bupati Arrival Boy,SH para camat dan Ketua organisasi profesi kesehatan Kabupaten Sijunjung.


Bupati Yuswir Arifin dalam sambutannya menyampaikan, vaksinasi covid-19 merupakan upaya untuk mencapai kekebalan kelompok atau Herd immunity terhadap penyakit yang disebabkan virus SARs-Cov-2, sehingga dapat memutus penyebaran virus tersebut.


Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan beberapa tahap.Tahap pertama dilakukan kepada tenaga kesehatan, karena mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan dan penanggulangan covid-19.Jumlah tenaga kesehatan yang terdaftar untuk mendapatkan vaksinasi covid-19 adalah 1052 orang.


Lebih lanjut, bupati menjelaskan vaksinasi tersebut dilakukan di fasilitas kesehatan seperti di Puskesmas, RSUD Sijunjung dan Rumah Sakit swasta.Diharapkan pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini selesai pada minggu ke 3 Pebruari 2021.


Berikutnya kata bupati, tahap kedua vaksinasi diberikan kepada petugas pelayanan publik seperti TNI-POLRI dan para pekerja yang bertemu dengan banyak orang, sedangkan tahap ketiga baru untuk masyarakat.


Peran media sangat diperlukan sekali untuk menyampaikan ajakan dan himbauan pemerintah kepada masyarakat. Dengan harapan dapat menerima vaksinasi, sehingga dapat memutus penyebaran covid-19 serta sekaligus menekan berita hoax di masyarakat.


"Terimakasih atas dukungan dari berbagai pihak, untuk memulai program pemerintah dalam memutus mata rantai covid-19 di Kabupaten Sijunjung ini," ungkap bupati.


"Karena ini tanggungjawab kita bersama, tentu vaksinasi dimulai dari Pimpinan Kabupaten Sijunjung hari ini, agar dapat jadi contoh positif bagi masyarakat, tegasnya.


Kepala Dinas Kesehatan Sijunjung drg.Ezwandra, MSc melaporkan vaksinasi telah dimulai pada 6 Puskesmas tanggal 1 Pebruari 2021 kepada  74 orang, dan 2 Pebruari pada 7 Puskesmas dan RSUD Sijunjung dengan 179 orang tenaga kesehatan.


"Alhamdulillah dari 253 orang yang divaksinasi tanggal 1 dan 2 Pebruari 2021 kemarin, sejak kemarin sampai saat ini  tidak ada resiko apapun," jelas Ezwandra. 


Usai kegiatan resmi pencanangan vaksinasi tersebut dilanjutkan dengan pendaftaran vaksinasi covid-19 oleh Kajari,  Sekdakab Zepnihan,  Wakapolres, Wakil Bupati Arrival Boy.


Dari pengamatan  dalam masa observasi yang dilakukan sekitar 30 menit sesudah vaksinasi, kelihatannya Sekdakab Zepnihan tidak ada merasakan apa apa.


"Aman, aman  gak ada rasa apa apa, " ungkap Zepnihan menjawab pertanyaan wartawan.


#GP | Herman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS