Petugas Kebersihan Pemko Bersihkan Makam Adam BB - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Petugas Kebersihan Pemko Bersihkan Makam Adam BB

Jumat, November 20, 2020


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Petugas Kebersihan membersihkan lingkungan Makam Adam BB, di sekitar Masjid Raya Jihad, Jumat (20/11/2020).


Lurah Balai-Balai, Drs. Asrul, menyebutkan  Kegiatan bersih-bersih di sekitar Makam dilakukan secara berkala. 


"Kali ini, giliran lingkungan makam Adam BB yang dibersihkan, bertepatan dekat Masjid Raya Jihad yang dulu dikenal dengan Surau Pasar Baru, yang dirintis oleh Adam Balai-Balai atau lebih dikenal dengan Adam BB di tahun 1916," sebutnya.


Makam tersebut sudah dipugar sekitar 4 tahun lalu dengan marmer putih. Begitupun pekarangannya dengan lantai marmer bermotif bulat kecoklatan. Pekarangan makam tidaklah terlalu luas. Bahkan untuk berziarah, pengunjung harus menyusuri gang sempit. Makam Adam BB terkurung di antara masjid dan salah satu rumah warga.


Masyarakat di Kelurahan Balai-Balai, kata Lurah Asrul, berkeinginan lokasi makam Adam BB bisa lebih diperluas sehingga menjadi cagar budaya dan wisata. "Kalau bisa rumah warga di depannya dibebaskan dengan kesepakatan yang tidak merugikan pemilik rumah. Sehingga akses makam luas dan bisa didirikan pendopo atau museum," ungkap Asrul.


Bekas sekolah agama Madrasah Irsyadin Naas (MIN), didirikan oleh Adam BB, berdekatan dengan Masjid Jihad, kata Asrul, juga berpotensi untuk dijadikan gedung serbaguna. Baik untuk kegiatan keagamaan maupun kesenian. "Kita berupaya nantinya bisa bernegosiasi dengan pihak keluarga Adam BB," katanya.


Banyak gelar yang disematkan untuk Adam BB. Selain ulama dan pendidik, anak dari Sami'un Datuak Bagindo itu dikenal sebagai jawara. Konon beliau pernah memenangkan sebuah pertarungan dengan harimau di dalam hutan daerah Agam. Dengan Ilmu beladiri yang dimiliki, Adam BB memanfaatkan untuk membela kebenaran dan orang lemah yang tertindas.


Adam BB lahir 13 Agustus 1889 dan wafat pada 15 Juli 1953. Perannya di tengah masyarakat Kota Padang Panjang selalu dikenang. Namanya diabadikan sebagai nama jalan di Kota Padang Panjang.


#GP | DF | HRS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS