Debat publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung putaran pertama berlangsung meriah, aman dan sukses - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Rabu, 11 November 2020

Debat publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung putaran pertama berlangsung meriah, aman dan sukses


Sijunjung(SUMBAR).GP- Debat publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung  2020 putaran pertama kerjasama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sijunjung dengan Padang TV di Gedung Pancasila, Selasa 10 Nopember 2020 berlangsung meriah, aman dan sukses.

Hadir dalam kegiatan debat tersebut, 

Ketua KPU Kabupaten Sijunjung Lindo Karsya, SS, M.Si beserta anggota  komisionernya, Ketua Bawaslu  Sijunjung Agus Hutritatul beserta  anggota dan Ketua dan anggota tim partai  pengusung pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati masing-masing 20 orang.


Dalam debat publik tersebut kelihatan tampil  paslon  nomor urut  1  Ashelfine,SH.MH dan H.Sarikal, S.Sos.MH calon nomor urut 2 Endre Saifoel dan Drs.Nasrul, M.M.Pd., paslon  urut 3  Benny Dwifa Yuswir, S,STP, M.Si dengan  H. Iraddatillah, S,Pt., nomor urut 4 H. Arrival Boy, SH bersama dr Mendro Suarman dan urut 5 paslon 

 H. Hendri Susanto, Lc dan Indra Gunalan, S. Ap.


Debat publik tahap pertama calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sijunjung mengusung tema " meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sijunjung" disiarkan secara langsung oleh Padang TV dan oleh  berbagai Radio swasta Sijunjung, serta  Youtube dan  FB PadangTV dari Gedung Pancasila Muaro.


Menurut Ketua KPU Lindo Karsa, soal debat ini dibuat tokoh Sijunjung yang berkompeten dan bertanggungjawab terjamin kerahasiaannya. Mereka adalah 

Prof. Dr. Aswar Ananda. MA., Prof. Dr. H. Novesar Jamarun. MS., Prof. Dr. H. Sarjon Debit M.Sc., Dr. Aidinil Zetra SIP. MH., Dewi Angraini S.IP. M.Si.


Menurut  Ketua KPU Lindo Karsyah dalam sambutannya, pelaksanaan debat publik ini merupakan kampanye yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten bagi para pasangan calon untuk menyampaikan visi, misi dan gagasan program kerja kepada masyarakat.


"Paslon yang berkontestasi  bisa memberikan informasi secara mendetil, dan menyeluruh kepada masyarakat, dan  nantinya akan dipergunakan sebagai bahan pertimbangan  untuk menentukan pilihannya dalam menetapkan pimpinan Sijunjung  5 tahun kedepan,   pada  9 Desember  2020 nanti," ujar Lindo.


Setelah penayangan Profil ke 5 pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sijunjung,  Dr. Aidinil Zetra, S.IP, MH Dosen Fisip Unand Padang selaku moderator menjelasan tata tertib dalam pelaksanaan debat yang akan dilangsungkan.


Menurut Aidinil pemandu debat itu,  agar paslon dapat  menjawab pertanyaan sesuai arah dan maksud pertanyaan serta memanfaatkan durasi waktu diberikan, pesan yang disampaikan harus saling melengkapi, dan dilarang menyinggung diri pribadi masing masing paslon.


Debat publik paslon bupati dan wakil bupati ini berlangsung 5 segmen, segmen pertama penyampaian visi dan misi paslon bupati,  penyampaiannya sesuai dengan urut undian yang dicabut moderator.


Segmen ke II pendalaman Visi Misi,  pertanyaan dibuat tim penyusun sudah dimasukkan kedalam amplop. Moderator mengambil undian untuk paslon yang akan menjawab pertanyaan. Amplop pertanyaan dipilih oleh paslon yang akan menjawab. Moderator juga mengambil undian untuk paslon yang akan menanggapi jawaban paslon yang menjawab pertanyaan.


Segmen ke III  Eksploratif menayangkan video tentang isi aktual yang terjadi di Kabupaten Sijunjung dengan tema meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Moderator menyampaikan pertanyaan yang dibuat tim penyusun terkait isu aktual tersebut untuk dijawab masing-masing paslon sesuai nomor undian. 


Segmen ke IV Inspiratif  saling tanya jawab dan sanggahan antar paslon, paslon yang bertanya dan paslon yang memberikan sanggahanpun sesuai nomor  undian moderator.


Segmen ke V  pernyataan penutup,  paslon menyampaikan pernyataan penutup dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung tahun 2020 dengan urutan penyampaiannya sesuai  undian moderator.


Kegiatan debat berakhir  pukul 23.10 wib selama kegiatan berlangsung  pengaman dilaksanakan personel Polres Sijunjung yang dipimpin Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, SIK, M. Hum, Sat POL PP dan Damkar yang di pimpin oleh Sekretaris Pol PP damkar dan Pamtup oleh Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sijunjung  sedangkan pengamanan lalu lintas dibantu oleh dinas Perhubungan. 


Selama  pelaksanaan kegiatan debat tersebut, peserta,  panitia dan pengunjung menerapkan protap kesehatan covid-19, situasi dalam dan luar gedung Pancasila Muaro  aman dan terkendali.  


#GP | Herman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...


Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS