Walikota Fadly Amran Resmikan Sub Terminal Agribisnis Gantiang Maju Bersama (STA GMB) - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Walikota Fadly Amran Resmikan Sub Terminal Agribisnis Gantiang Maju Bersama (STA GMB)

Kamis, Oktober 15, 2020


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, meresmikan Sub Terminal Agribisnis Gantiang Maju Bersama (STA GMB) di Kelurahan Gantiang depan RSUD Kota Padang Panjang, Kamis (15/10/2020).

Membentuk STA GMB merupakan komitmen Sejumlah kelompok tani di Kelurahan Gantiang, guna memutus mata rantai tengkulak sehingga hasil tani bisa dijual dengan harga yang pantas.

STA GMB adalah lembaga atau institusi pasar, sentra produksi, tempat petani memasarkan produk secara langsung dan memberikan pelayanan pemasaran, peningkatan nilai tambah serta daya saing bagi produknya.

Acara peresmian turut dihadiri oleh Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul, Anggota DPR RI Komisi IX dr. H Suir Syam, M. Kes, Kepala Bank Nagari Cabang Kota Padang Panjang Zulhendri, SE, sejumlah kepala OPD, Camat, Lurah, Ninik Mamak, dan pejabat terkait lainnya.

Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, memberikan apresiasi terbentuknya STA GMB sebagai upaya meningkatkan perekonomian di masa pandemi dan mengantisipasi transaksi tengkulak. "Ini yang kita harapkan. Semoga Para pengurus dan anggota STA GMB selalu bersemangat, menjaga komitmen. Bila menemui kesulitan Pemko siap membantu," ungkap Wako.

Komitmen para petani yang tegabung di STA GMB menurut Wako tidak banyak di Sumbar. "Mudah-mudahan usaha yang digarap diberkahi oleh Allah SWT, Mensejahterakan pelaku pertanian di Kota Padang Panjang," tambahnya.

Anggota DPR RI, Suir Syam, menyampaikan, masalah harga kerap dialami oleh para petani. Oleh karena itu, dengan adanya STA GMB, harga komoditi pertanian diharapkan bisa terjaga.


Kerjasama antara menejer STA GMB dan "Tauke" menurut Suir Syam perlu diperbanyak. Kemudian gudang perlu ditambah. "Kalau ada gudang sayur dengan pendingin, hasil tani bisa ditampung lebih banyak," katanya.

Lebih lanjut, Petani harus bisa menghitung antara modal dan penjualan. Biaya pertanian sedapat mungkin bisa ditekan dengan memanfaatkan pupuk organik.

"Dengan pupuk organik biaya murah, bisa dibuat sendiri, tanah pun subur," katanya.

Sementara, Manejer STA GMB Syamsul Bahri, Sutan Basa, mengatakan, dirinya bersama para petani akan menjaga komitmen memajukan STA GMB. "Kita akan terus menjaga komitmen, bersemangat untuk kemajuan para petani di Kelurahan Gantiang," ucapnya.

#GP | DF | HRS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS