Pengelola TBM Diharapkan Mampu Menarik Minat Baca Pengunjung - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Pengelola TBM Diharapkan Mampu Menarik Minat Baca Pengunjung

Jumat, Oktober 23, 2020


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang, Alvi Sena, ST. MT, lakukan kunjungan dan pembinaan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Berbunga, Kelurahan Silaing Bawah, Jum'at (23/10/2020).

Turut hadir, Ketua Forum Pegiat Literasi (FPL), M. Subhan, Ketua Forum TBM, Yandri beserta pengurus, Bunda Literasi Kelurahan Silaing Bawah dan undangan lainnya.

Sebagai TBM baru terbentuk 2020, dalam  kunjungan Beragam pembahasan dan diskusi dirampungkan untuk menyatukan serta mensinergikan kegiatan.

"Taman Bacaan Masyarakat atau apapun namanya tanpa kreativitas dari si pengelola hanya akan jadi rumah buku yang dingin dan kaku. Oleh sebab itu TBM harus menjadi ruang kampanye membaca," sebut Alvi Sena.

Selain itu TBM dapat dirancang untuk menumbuhkan kreasi dan rekreasi minat baca Pengunjung.

"TBM jangan hanya menyediakan buku-buku untuk dibaca, tetapi juga harus melibatkan aktivitas yang melibatkan pengunjung, hingga timbul berbagai macam kreasi dari pengelola dan pengunjung," sambungnya.

Sementara, Muhammad Subhan, turut menambahkan, TBM harus menjadi ruang kampanye membaca bukan hanya bagi mereka si kutu buku dengan sebuah ruang penuh buku dan suasana yang harus selalu sunyi. "TBM harus menjadi ruang kampanye membaca yang memberi efek hiburan bagi pengunjung di luar kegiatan membaca," ucapnya.

Dengan demikian serangkaian program yang menarik wajib dirancang dan disuguhkan kepada para pengunjung.

"Misalnya kegiatan mendongeng. Melalui kegiatan ini besar kemungkinan akan banyak anak-anak terpancing untuk datang karena ingin mendengarkan dongeng," katanya.

Melalui kegiatan mendongeng, selain akan mampu mengasah kemampuan literasi dini anak-anak, si pendongeng juga bisa menyisipkan pesan moral dan tentunya ajak untuk rajin membaca.

"Banyak Program kreatif lainnya yang dapat disuguhkan di TBM, misalnya, nonton film dan membaca bersama, diskusi buku, belajar baca dan menulis puisi, belajar menggambar, mengisi dan mengkreasi mading, bermain musik, pelatihan menulis berita, belajar drama, berlajar memasak melalui resep dari buku, dan lain-lain sebagainya," pungkasnya.


#GP | DF |JW, FD Pratiwi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS