Air Terjun Proklamator, Destinasi Wisata Alam Mudah Dijangkau Dari Padang Panjang - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Air Terjun Proklamator, Destinasi Wisata Alam Mudah Dijangkau Dari Padang Panjang

Sabtu, September 26, 2020

Padang Panjang(SUMBAR).GP- Destinasi Alam, Air Terjun Proklamator merupakan Air terjun dengan pemandangan alam menarik, Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Tanah Datar, namun sangat dekat dengan Kota Padang Panjang.


Terletak tidak jauh dari Lembah Anai, tepatnya di Kanagarian Singgalang, Sapuluah Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Air terjun ini termasuk salah satu destinasi baru di Sumatera Barat. Diberi nama Proklamator, karena air terjun ini ditemukan pertama kali oleh Mahasiswa Pecinta Alam Proklamator, Universitas Bung Hatta, saat membuka jalur pendakian dikawasan tersebut beberapa waktu lalu.


loading...
Akses masuk ke air terjun adalah di seberang jalan rumah makan Manggung, sebelum air terjun Lembah Anai jika dari arah Bukittinggi menuju Kota Padang.

Jarak tempuh ke air terjun Proklamator sekitar 40 menit dengan berjalan kaki dari jalan utama, selama perjalanan kita melewati jalan yang cukup ekstrem namun bisa di lewati karena ada pagar pembatas di buat oleh pengelola disana, sebab tidak bisa di tempuh dengan kendaraan sampai ke lokasi. Kendaraan hanya bisa dititipkan di parkiran rumah makan. Usahakan jangan datang saat weekend, karena wisatawan yang datang cukup ramai.

Keindahan ditawarkan air terjun khas aliran air Gunung Singgalang ini, tidak kalah dengan wisata air terjun lainnya. Menyajikan pemandangan air terjun dari berbagai sisi. Air terjun Proklamator akan sangat menyejukkan mata kita bila melihatnya. Air mengalir terlihat sangat jernih sehingga dapat dirasakan Iangsung kejernihan air bila kita berenang untuk merilekskan badan yang letih saat berjalan.

Keadaan alam, air jernih dengan bebatuan di air terjun proklamator dapat dijadikan spot poto keren dan menarik.

Tergolong baru tentu fasilitas di sini masih belum ada, namun dijamin masih terjaga keasrian dan kebersihannya. Jika Anda ingin berkunjung maka cukup membayar biaya parkir sebesar Rp. 5000,- dan akses ke area air terjun sebesar Rp10.000,-

Air terjun proklamator memang belum memiliki fasilitas (cuma tempat parkir) namun tempat ini sudah mengharuskan membayar simaksi untuk masuk.

Di masa pandemi sekarang bila masuk ke wisata air terjun proklamator pengunjung di wajibkan memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung yang lain agar kita terhindar dari berbagai virus.

Bila Anda ingin berkunjung ke air terjun Proklamator ini, jangan lupa untuk singgah di Kota Padang Panjang. Ragam sajian kuliner yang memanjakan lidah tersedia di Kota itu. Untuk fasilitas hotel dan penginapan, Kota Padang Panjang memiliki beberapa hotel dan penginapan nyaman dan harga  terjangkau.

#GP | DF | Reza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS